73.000 Keluarga Miskin di Kabupaten Tegal Terima Bantuan Sembako

  Senin, 30 Maret 2020   Dwi Ariadi
Sebelum menerima bantuan keluarga penerima manfaat mencuci tangan untuk mencegah penularan virus corona.

SLAWI, AYOTEGAL.COM  -- Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Tegal mempercepat penyaluran dana bantuan sosial kepada 73.824 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Tegal.

Dana bantuan bulan Maret senilai Rp 200 ribu untuk masing-masing KPM melalui transfer rekening bank tersebut tuntas tersalurkan, pada Jumat (27/3/2020) lalu.

Menurut  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Nurhayati, dana bantuan pangan non tunai (BPNT) sudah dibelanjakan keluarga miskin penerima manfaat untuk membeli paket Sembako di 60 e-warung dan 64 agen BNI yang tersebar di 18 wilayah kecamatan di Kabupaten Tegal. Pembayarannya dilakukan non tunai dengan menggunakan kartu merah-putih, semacam e-money dari BNI.

Dengan bantuan senilai Rp200 ribu per bulannya tersebut, lanjut Nurhayati, setiap keluarga bisa membeli paket sembako seperti beras sebanyak 12 kilogram untuk mencukupi kebutuhan karbohidratnya, telur, ikan atau daging ayam untuk kebutuhan protein hewaninya, tahu, tempe dan sayuran untuk protein nabatinya serta buah-buah untuk kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Nurhayati menuturkan, untuk mengantisipasi penularan virus corona melalui kontak fisik, pihaknya pun telah menjadwal waktu penyaluran sehingga tidak lagi ada antrean ataupun kerumunan warga di setiap warung.

“Sudah kita atur jadwal penyalurannya supaya warga tidak banyak mengantre di warung. Bahkan ada yang kita antarkan sampai ke rumah KPM untuk mendukung pelaksanaan social distancing,” katanya.

Disamping itu, setiap warung yang bekerja sama dengan Dinas Sosial diharuskan menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Sesuai anjuran pemerintah, protokol kesehatan pun kami terapkan untuk menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan warga akan ancaman bahaya penularan virus berbahaya ini,” ujarnya.(Dwi Ariadi) 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar