Bupati Tegal Umumkan Seorang Warga Positif Korona, Kondisinya Membaik

  Selasa, 07 April 2020   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah melakukan siaran pers soal perkembangan penanganan virus Covid-19 di Media Center, Senin (6/4/2020).

SLAWI, AYOTEGAL.COM- Bupati Tegal Umi Azizah melalui siaran pers Senin (6/4/2020) malam mengumumkan pasien pertama terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tegal.

Pasien yang terinfeksi virus korona tersebut tercatat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pertama atau P1 asal Kabupaten Tegal yang menjalani perawatan di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Pasien tersebut adalah seorang perempuan, berusia 49 tahun yang diketahui dari hasil tracking tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal memiliki riwayat perjalanan dari Bali. 

Meski statusnya positif terinfeksi Covid-19, saat ini pasien dalam kondisi membaik dan stabil. Umi pun berharap agar kondisinya terus membaik dan segera sembuh.

AYO BACA : Kebijakan Local Lockdown Bikin Pedagang Pasar Tiban Tegal Resah

Menindaklanjuti kasus tersebut, melalui Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal, telah dilakukan tracking kepada kontak erat terdekat. Hasilnya, dari rapid test 6 orang yang merupakan anggota keluarga pasien, seluruhnya negatif.

“Karena tidak ada sedikit pun gejala klinis pada keluarga pasien, keenam orang tersebut kita kategorikan sebagai atau orang tanpa gejala,” katanya.

Sementara untuk mencegah terjadinya penularan, sesuai standar protokol kesehatan yang berlaku, sudah mulai dilakukan isolasi mandiri pada keluarga pasien untuk 14 hari ke depan oleh tim Satgas Covid-19 tingkat desa. 

Termasuk dalam Satgas ini adalah bidan desa dan petugas Surveilance Puskesmas Dukuhturi.

AYO BACA : Pemudik di Kabupaten Tegal Diminta Isolasi Diri di Rumah

Menyikapi perkembangan ini, Umi mengimbau agar warga tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa dengan selalu menjaga jarak fisik aman minimal satu hingga dua meter dengan siapa pun.

“Bagi siapa saja, saat bepergian untuk kepentingan yang mendesak, selalu kenakan masker kain dan cuci setiap empat jam sekali. Hindari kerumunan dan mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin selama dua puluh detik. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan tempat tinggal. Perbanyak aktivitas fisik dengan berolahraga meskipun tinggal di rumah dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal dr Joko Wantoro mengungkapkan data perkembangan terkini kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal yang diperbaharui pada hari Senin (6/4/2020) malam pukul 19.00 WIB. 

Joko menginformasikan tentang jumlah PDP yang sedang dirawat saat ini ada 17 kasus, satu di antaranya terkonfirmasi positif dan satunya lagi warga di luar Kabupaten Tegal, sehingga total PDP asal Kabupaten Tegal yang sedang dirawat ada 15 kasus.

Akumulasi PDP sembuh atau kondisinya membaik, termasuk dua orang warga dari luar Kabupaten Tegal jika dihitung jumlahnya menjadi 50 orang. Adapun jumlah ODP yang masih dalam pengawasan tenaga kesehatan jumlahnya ada 333 pasien. Dan seiring bertambahnya jumlah pemudik yang masuk ke Kabupaten Tegal, jumlah pelaku perjalanan yang masih dalam pemantauan mencapai 19.442 kasus, atau meningkat dari data sebelumnya yang masih pada kisaran 16 ribu kasus.

Berdasarkan hasil rapid test pada ketiga orang kontak erat atas kasus PDP yang meninggal asal Kecamatan Lebaksiu, semuanya negatif.

AYO BACA : Pemudik di Kabupaten Tegal Diminta Isolasi Diri di Rumah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar