Baznas Brebes Serahkan Bantuan Masker dan Uang Kesra THL

  Jumat, 22 Mei 2020   Dwi Ariadi
Bantuan masker dan uang kesra diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Baznas, Abdul Haris kepada Bupati Idza Priyanti selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

BREBES, AYOTEGAL.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes mendistribusikan masker kepada masyarakat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes dan uang kesra kepada Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (20/5/2020).

Bantuan masker dan uang kesra diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Baznas, Abdul Haris kepada  Bupati Idza Priyanti selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

AYO BACA : H-3 Lebaran, Terminal Tegal Masih Lengang

\"Atas nama masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Brebes yang mendistribusikan masker dan uang kesra kepada para THL di masa pandemi Covid-19,\" ujarnya.

Zakat yang terhimpun di Baznas Brebes, kata Idza, mayoritas bersumber dari gaji PNS, karena Pemkab telah mendorong kepada PNS se-Kabupaten Brebes untuk menyalurkan zakatnya 2,5 persen. 

AYO BACA : Idza Priyanti : Dana Bantuan Jangan untuk Beli Baju Lebaran

Mulai 2020, zakat PNS yang 1 persen untuk Baznas Kabupaten dan yang 1,5 persen disalurkan ke tetangganya masing-masing. Di samping itu, saat menerima gaji ke-13 dan 14 juga menyerahkan zakatnya 2,5 persen kepada Baznas. \"Insya Allah, pada tahun mendatang, pemasukan dari PNS akan meningkat,\" ungkapnya.

Ketua Baznas Brebes KH Chusnan Zein melalui Wakil Ketua Aqilatul Munawaroh menjelaskan, di masa Pandemi Covid-19 Baznas Brebes telah mendistribusikan zakatnya senilai Rp 1,6 Miliar, meskipun untuk pemasukan tahun 2019 baru masuk Rp 0,5 Miliar dari PNS. 

Dia menuturkan, masker yang diserahkan sebanyak 25.000 buah senilai Rp 100 juta dan uang kesejahteraan untuk 800 orang masing masing menerima Rp 150 ribu dengan total Rp 120 juta. Mereka yang menerima adalah petugas THL di lingkungan OPD Brebes seperti petugas kebersihan, penjaga malam, petugas jaga palang pintu dan lain-lain. 

\"Ini merupakan program baznas Brebes peduli untuk ashnaf miskin. Di tengah Pandemi Covid-19 dirasakan dampaknya oleh masyarakat menengah kebawah dengan kesulitan ekonomi,\" ucapnya.

Sebelumnya, lanjut Aqilah, Baznas menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, pembagian alat cuci tangan di 6 titik strategis dan pada H-2 Idulfitri akan dibagi Masker secara langsung kepada pengunjung pasar saat prepegan.

AYO BACA : Penyekatan di Tol Pejagan Brebes, 4.722 Kendaraan Masuk Jateng Diminta Putar Balik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar