Dampak PAI Tegal Tutup selama Pandemi, Perahu Wisata Mangkrak

  Rabu, 27 Mei 2020   Lilisnawati
Seorang pemilik perahu wisata di PAI Tegal tengah memperbaiki perahunya, Rabu (27/5/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Pandemi Covid-19 memberikan imbas tersendiri bagi pelaku usaha di sektor pariwisata, khususnya pada saat momen Lebaran seperti saat ini.

Sebab, pada momen Hari Raya Idulfitri objek wisata di sejumlah daerah banyak diburu oleh kebanyakan masyarakat untuk berlibur. Mereka sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga maupun menghilangkan penat.

Namun, momen Lebaran tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah melarang tempat wisata maupun hiburan untuk beroperasi di tengah pandemi Covid-19.

Seperti halnya di Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Tegal. Para pelaku usaha pun harus merasakan pahit tidak bisa mengais rezeki, khususnya pada saat Lebaran seperti sekarang ini.

Seprti yang diakui Casono (65), seorang pemilik perahu wisata di PAI Tegal. Ia mengaku penghasilan dari narik perahu wisata macet total.

Casono mengungkapkan, saat Lebaran biasanya mendapat penghasilan Rp 2 juta sampai Rp 3 juta setiap hari. Sementara saat hari libur biasa, Rp 200.000 sampai Rp 500.000 bisa ia kantongi dari hasil narik perahu. "Karena ini ditutup ya penghasilan macet. Warung juga macet, ngga buka sejak Maret 2020," katanya.

Dirinya mengaku, selama perahu wisata dan warungnya tidak beroperasi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya harus meminjam uang kepada saudara bahkan ke rentenir.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Kota Tegal, Abdan Harimurti mengatakan, pengunjung PAI Tegal saat libur Lebaran bisa mencapai 10.000 pengunjung tiap hari. "Karena ini nggak boleh beroperasi jadi ya sepi. Pengunjung ada, mereka kemudian putar balik karena kita memang tidak buka," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar