Kompetisi Liga Resmi Dilanjutkan Oktober, Ini Penjelasan Soal Gaji Pemain dan Pelatih

  Senin, 29 Juni 2020   Dwi Ariadi
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers terkait kompetisi musim 2020 di Kantor PSSI, Gedung Fx, Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha)

JAKARTA, AYOTEGAL.COM - PSSI telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 terkait kompetisi yang akan dilanjutkan pada bulan Oktober mendatang. 

Namun, dalam SK tersebut belum disebutkan tanggal kepastian kick off serta regulasinya. Hanya saja, di dalam SK ini dibicarakan mengenai pembayaran gaji pemain dan pelatih di saat kompetisi dilanjutkan.

Sebagaimana diketahui, pada SK sebelumnya PSSI membolehkan klub mengaji pemain maksimal 25 persen dari nilai kontrak tertera, selama kompetisi dihentikan di tengah pandemi COVID-19. Namun, SK tersebut akan berakhir pada bulan Juni ini.

Pada SK terbarunya ada aturan baru dari PSSI. Untuk Liga 1 boleh negosiasi sebesar 50 persen, sementara Liga 2 sebanyak 60 persen atau sekurangnya di atas upah minimum regional (UMR) di daerah klub masing-masing.

Kebijakan ini akan diberlakukan satu bulan sebelum kompetisi dimulai sampai dengan berakhirnya kompetisi. Apabila telah terjadi perubahan kesepakatan baru akibat keadaan Kahar terkait pandemi Covid-19 antara para pihak sebelum tanggal berlakunya SK, maka atas kesepakatan para pihak kontrak kerja tersebut tetap berlaku.

"Akan diskusi lagi nanti dengan pemilik klub ke pemain dan pelatih. Tapi tidak sama dengan sebelumnya," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat jumpa pers di Kantor PSSI, Jakarta, Minggu (28/6/2020) malam.

"Sebelumya itu, kan 25 persen untuk sekarang itu Liga 1 ada di kisaran 50 persen, Liga 2 sampai 60 persen dari total nilai kontrak,"lanjutnya.

Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya itu memastikan gaji yang diterima pemain dan pelatih tidak akan di bawah UMR domisili klub masing-masing.

"Pokoknya sekurang-kurangnya itu sesuai dengan upah minimum regional yang berlaku di masing-masing domisili klub dan akan diberlakukan pada satu bulan sebelum kompetisi dan sampai berakhir kompetisi," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar