Sidak, DPRD Kota Tegal Minta Minimarket Tak Berizin Ditindak Tegas

  Senin, 29 Juni 2020   Lilisnawati
Anggota Komisi II DPRD Kota Tegal bersama DPMPTSP Kota Tegal sidak minimarket, Senin (29/6/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Komisi II DPRD Kota Tegal bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal melakukan inpeksi mendadak (sidak) kepada sejumlah minimarket yang tak mengantongi izin operasi.

Minimarket tersebut di antaranya di Jalan Gajahmada, Jalan AR Hakim, Jalan Srigunting dan Jalan Mataram, Kota Tegal.

Dalam sidak tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal, Ansori Faqih menyampaikan kepada penanggung jawab minimarket agar segera memenuhi prosedur perizinan.

"Nanti tolong sampaikan kepada pemiliknya, ini kami dari Komisi II DPRD Kota Tegal dan DPMPTSP ke sini menanyakan perizinan operasi. Minta tolong untuk melengkapi perizinan, agar tidak ditutup," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Tegal harus menindak tegas untuk mereka yang kedapatan tidak memenuhi prosedur dalam perizinan.

"Harus sesuai dengan prosedur yang ada. Terutama jaraknya juga harus diatur, kalau tidak begitu orang nanti akan seenaknya membangun minimarket. Kalau prosedur tidak dipenuhi ya meskinya harus ambil tegas dari dinas terkait," tegasnya.

Sementara Kabid Pelayanan dan Perizinan DPMPTSP Kota Tegal, Denny Anggoro mengatakan, sesuai hasil sidak, minimarket tersebut tidak memiliki izin lengkap.

"Artinya perizinan mereka tidak sesuai dengan PP 24 tahun 2018 tentang pelayanan dan perizinan dan Permendag. Kemudian izin dasar seperti Perda dan Perwal juga harus terpenuhi," katanya.

Selain itu, berdasarkan aturan yang ada jarak antarminimarket minimal 500 meter dari pasar modern dan pasar tradisional.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar