Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,1

  Selasa, 28 Juli 2020   Dwi Ariadi
Gempa Sukabumi (BMKG)

SUKABUMI, AYOTEGAL.COM-  Sukabumi kembali diguncang gempa. Kali ini gempa berkekuatan magnitudo 4,1 baru saja terjadi pada Selasa (28/7/2020) pukul 09.00. 

Episenter gempa terletak pada koordinat 7.89 LS dan 107 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 108 km Tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 19 kilometer.     
 
Kepala Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II - Tangerang Selatan
Hendro Nugroho menuturkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. 

Gempa ini terjadi akibat penyesarandalam lempeng (intraplate) Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.    

Berdasarkan data peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, getaran gempabumi ini dirasakan di wilayah Tegalbuleud dengan Skala Intensitas III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 
    
"Hingga pukul 09:48 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ujar Hendro. 

Maka itu masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Hendro.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar