HNSI Kota Tegal Laporkan Kapal Nelayan Batang Mengalami Musibah di Laut Makassar

  Rabu, 29 Juli 2020   Lilisnawati
Petugas saat mengevakuasi kapal nelayan yang terombang-ambing di tengah laut (istimewa).

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Sebuah kapal dengan nama KM Subuh Nusantara mengalami kendala saat hendak mencari ikan ke perairan Ambon.

Nahas, di tengah perjalananya as baling-baling kapal yang diketahui berasal dari Batang tersebut patah. Akibatnya, kapal yang berangkat sejak Senin (20/7/2020) terombang ambing hingga ke perairan Makassar.

Kabar tersebut pun terdengar oleh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto.

Mengetahui informasi itu, sebagai organisasi yang menaungi nelayan, HNSI Kota Tegal pun turut membantu meski kejadian tersebut bukan terjadi di perairan Tegal.

Ia kemudian melaporkan kejadian tersebut sekaligus meminta pertolongan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Direktur Pemantauan dan Operasi Armada, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DPSDKP), Pung Nugroho Saksosno.

Dirinya bersyukur, laporannya terkait kapal nelayan yang terkena musibah direspon dengan cepat oleh KKP. Langkah sigap KKP pun berhasil mengevakuasi kapal beserta AKB di dalamnya dengan selamat.

"Alhamdulillah, Minggu (26/7/2020) saya laporan. KKP langsung terjunkan petugas untuk mengevakuasi. Alhamdulillah, Selasa kemarin sudah ditarik ke pelabuhan terdekat. ABK semuanya selamat," ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Riswanto menceritakan, informasi adanya kapal nelayan yang terombang-ambing itu didapat dari rekannya yang berada di Jakarta.

"Ini karena kita sebagai HNSI dan juga sebagai sesama nelayan. Rasa saling peduli saja antar nelayan. Karena kebetulan saya ada akses ke KKP," katanya.

Dalam kesempatan itu, atas nama organisasi dan nelayan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada KKP atas kepeduliannya terhadap nelayan di Pantura.

"Saya sangat mengapresiasi. Saya juga ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya karena berkat petugas dari KKP, nelayan yang terombang-ambing selamat," ucapnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar