Menengok Batik Tegalan dengan Motif Zaman Now

  Kamis, 07 Februari 2019   Dwi Ariadi
Perajin batik Nur Anisa menunjukkan karyanya, batik Tegalan zaman now. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

LEBAKSIU, AYOTEGAL.COM - Seorang pengusaha batik Tegalan, Nur Anisa, warga Desa Tegalandong, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, punya cara sendiri untuk menangkap selera pasar terhadap batiknya. Agar tetap laris manis, pemilik rumah usaha Petik Galeri ini menciptakan motif baru yang lebih kekinian atau zaman now.

Motif kekinian itu identik dengan warna-warna yang cerah. Pembuatannya yang praktis dan pakelirannya yang tidak terlalu rumit, telah menjadi andalan motif batik ini.

Saat ditemui ayotegal.com di tempat usahanya di Jalan Raya Tegalandong, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan, inovasi yang dilakukannya tidak meninggalkan ciri khas asli batik pesisiran. ''Kombinasi dengan motif klasik tetap saya lakukan, sehingga tidak meninggalkan ciri khas asli batik Tegalan,'' kata Nur Anisa.

Ia mengatakan, motif batik tulis klasik itu di antaranya sogan keraton, pedalaman, pesisir pengaruh pedalaman, dan klasik pisisir. Sementara dari warnanya, batik klasik cenderung berwarna gelap.

Kombinasi yang dilakukan biasanya dengan motif bunga, binatang, tali tambang, parang sekar jagat, dan pisang bali. Namun, motif kekinian yang diciptakannya memiliki proses pembuatan yang cukup cepat jika dibandingkan dengan pembuatan motif batik pada umumnya.

''Sekali plorotan sudah jadi. Warnanya  putih cerah. Sehingga di tangan pecanting seminggu bisa jadi," ungkapnya. Selain motif kekinian, Nur Anisa juga sedang mempersiapkan batik bermotif wayang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar