7.000 Keping e-KTP di Tegal Ditargetkan Tercetak Sebelum Pemilu

  Kamis, 07 Februari 2019   Lilisnawati
Seorang warga menunjukkan e-KTP. (Lilisnawati/ayotegal.com)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal menargetkan sedikitnya 7.000 keping e-KTP bisa tercetak sebelum Pemilu 2019. 

"Jumlah itu masih dikurangi dengan pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun pada April 2019," kata Kepala Disdukcapil Kota Tegal, Basuki, belum lama ini.

Untuk mencapai target itu, Disdukcapil akan mulai melakukan perekaman dan pencetakan massal e-KTP, yang ditargetkan selesai pada akhir Februari 2019. Dengan demikian, dalam dua bulan ini e-KTP sudah bisa digunakan oleh masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pemilu, Pilpres dan Pileg pada April mendatang. 

Saat ini Disdukcapil Kota Tegal sedang menyiapkan database dan jadwal pelaksanaan, serta memetakan wilayah untuk melakukan perekaman dan pencetakan massal e-KTP di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Disdukcapil juga telah mengirimkan permintaan blanko e-KTP ke pemerintah pusat.

Berdasarkan catatan Disdukcapil per akhir Desember 2019, ada 13.625 warga Kota Tegal yang belum memiliki e-KTP dari jumlah penduduk yang wajib sebanyak 205.237 jiwa. Untuk itu, Disdukcapil menyerukan agar seluruh warga tersebut segera melakukan perekaman data sebelum perhelatan Pemilu 2019.   

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar