Rekrutmen PPPK Tegal Dibuka Februari dan Juni

  Jumat, 08 Februari 2019   Lilisnawati
Pegawai di lingkungan Pemkot Tegal. (Lilisnawati/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tegal mengumumkan, penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada pertengahan Februari ini. Pengumuman itu disampaikan Kepala BKPPD Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi, Kamis (7/2/2019).

Menurutnya, berdasarkan informasi terbaru dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), ada dua tahap proses penerimaan PPPK di tahun ini. Proses pertama di pertengahan Februari dan yang kedua pada Juni mendatang. 
                    
Di tahap pertama, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mendapat 60 kuota yang diperuntukan bagi honorer K2 di lingkungan pemkot dengan formasi 58 guru K2 dan dua penyuluh pertanian. Dari database Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), formasi tenaga kesehatan belum ada di tahun ini.

"Saat ini nama-nama tersebut sedang diverifikasi dengan Dinas Pendidikan karena harus sinkron dan selaras dengan database di Kemendikbud. Termasuk untuk penyuluh pertanian dengan Kementian Pertanian. Yang bersangkutan juga kita hubungi mau apa tidak mengikuti proses PPPK," jelas Irkar.

Sementara itu tahap kedua akan dibuka mulai Juni mendatang. "Untuk jalur umum, kita akan usulkan kepada Kemenpan-RB untuk mendapat formasi jabatan, peta jabatan, dan analisis beban kerja. Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan mengusulkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) beserta estimasi anggarannya," tutur dia.

Sama halnya dengan proses peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), proses penerimaan PPPK juga dimulai dari pendaftaran, pengumuman seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bersama (SKB), hingga wawancara dan pemberkasan saat dinyatakan lulus. 

Hanya saja yang membedakan adalah perjanjian waktu dan masa kerja serta usia. Usia pelamar yang dibutuhkan minimal 20 tahun dan maksimal satu tahun menjelang batas usia pensiun (BUP) untuk mendaftar.

Dia berharap per satu Maret proses penerimaan PPPK sudah final dan mulai bekerja. Secara bertahap penerimaan ini bisa sedikit menutup kekurangan pegawai pemkot yang mencapai 2.500 orang. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar