Mangkrak 20 Tahun, Eks Gedung Bioskop Adiwerna Akan Dijadikan Studio Produksi Film Milenial

  Rabu, 06 Maret 2019   Dwi Ariadi
Bekas gedung bioskop Adiwerna Kabupaten Tegal mangkrak tak terurus.(Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

ADIWERNA, AYOTEGAL.COM -- Di era 80-an, sejumlah gedung bioskop di wilayah Kota Slawi dan Adiwerna, Kabupaten Tegal menjadi tempat favorit tontonan hiburan masyarakat.

Sebut saja, gedung bioskop Rama, Singa, Intan di Slawi, dan Irama, Murni Adiwerna ada di Kecamatan Adiwerna. Bahkan, nama-nama gedung itu masih tertanam di benak warga. 

"Gedung bioskop itu dulu terkenal. Menjadi tempat favorit masyarakat untuk nonton film," kata Upik (60), warga Kudaile, Slawi, Rabu (6/2/2019).

Seiring dengan perkembangan zaman, tontonan film layar lebar itu mengalami pasang surut. Tontonan film tergantikan dengan kepingan CD yang mudah diperoleh di lapak-lapak pasar rakyat. Puncaknya sekitar tahun 1999, bioskop tersebut satu per satu gulung tikar.

Menurut Kades Adiwerna, Saiful Anwar gedung bioskop Adiwerna yang berada di wilayahnya sudah mangkrak selama 20 tahun.

"Kami pernah mengusulkan ke Pemkab agar lokasi bekas gedung bioskop itu diubah menjadi ruang terbuka hijau. Namun, sampai sekarang belum ada jawaban yang jelas," kata Saiful.

Dikatakan, gedung bioskop dibangun tahun 1985.

"Sudah mangkrak tak terurus setelah tutup sekitar tahun 1999. Hingga sekarang tak difungsikan," jelasnya.

Menanggapi keberadaan sejumlah aset gedung bioskop yang tak terurus tersebut, Wakil Bupati Sabilillah Ardie mengatakan, pemkab sedang mencari solusi yang tepat untuk pemanfaatan gedung legendaris tersebut.

"Kami sudah survei gedung bioskop itu untuk dijadikan studio workshop produksi film untuk kalangan anak-anak milenial," katanya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Mas Ardie ini, pihaknya merancang gedung bioskop akan menjadi pusat pelatihan bagi anak muda membuat film pendek.

"Dari titik inilah nantinya kalangan milenial bisa mengekplorasi potensi yang ada di Kabupaten Tegal, baik industri maupun wisatanya," paparnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar