Miliki Dua KK Berbeda, WNA Asal Malaysia Masuk DPT di Kota Tegal

  Rabu, 06 Maret 2019   Lilisnawati
Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko Menunjukan Kartu Keluarga Milik WNA yang Masuk dalam DPT, Rabu (6/3/2019). (Lilisnawati/ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menemukan satu orang Warga Negara Asing (WNA) masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Tegal. Dia adalah Khairiati Binti Harun warga Negara Malaysia.

Ketua KPU Kota Tegal Agus Wijanarko mengatakan KPU Kota Tegal baru mengetahui adanya WNA yang masuk dalam DPT di Kota Tegal setelah mendapat pemberitahuan dari KPU RI. 

Dia menjelaskan, WNA tersebut masuk dalam DPT di Kota Tegal karena ditemukan dua Kartu Keluarga (KK) yang berbeda antara KK yang tercetak di tahun 2013 dan tahun 2018.

KK yang tercetak di tahun 2013, dia tercatat sebagai warga negara Indonesia. 

"Pada saat kita melakukan pencocokan dan penelitian data saat pemilihan Wali Kota kita melakukan pendataan dengan menggunakan KK yang tahun 2013. Sehingga oleh petugas dimasukan ke dalam DPT," jelas Agus.

Kemudian di tahun 2018, lanjut Agus, dia kembali mencetak KK dan mengubah kewarganegaraanya menjadi warga negara Malaysia. 

"Kita sudah melakukan kroscek memang betul dia merupakan warga negara Malaysia. Dia seorang ibu rumah tangga yang menetap di Kota Tegal karena menikah dengan warga Kelurahan Panggung, Kota Tegal. Sehingga kita akan coret dari daftar DPT," tutur Agus.

Dengan adanya ini KPU Kota Tegal akan berkoordinasi dengan Disdukcapil Kota Tegal terkait jumlah WNA yang ada di Kota Tegal. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar