Ada Fenomena Atmosfer, Beberapa Hari ke Depan Tegal dan Sekitarnya Berpotensi Hujan

  Rabu, 06 Maret 2019   Lilisnawati
Ilustrasi. (pixabay.com)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Tegal memprediksi untuk beberapa hari ke depan wilayah Tegal dan sekitarnya akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. 

Prakirawan BMKG Tegal, Hendy mengatakan berdasarkan rilis dari BMKG Pusat, meningkatnya curah hujan tinggi di kawasan Indonesia disebabkan karena adanya fenomena atmosfer. Memasuki awal Maret beberapa fenomena atmosfer terpantau muncul secara bersamaan. 

"Saat ini teridentifikasi adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) di Samudera Hindia. MJO merupakan fenomena gelombang atmosfer yang bergerak merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur dan dapat meningkatkan potensi curah hujan di daerah yang dilaluinya," tuturnya. 

MJO diprakirakan akan bergerak melintas wilayah Indonesia yang dapat bertahan hingga satu minggu ke depan. Kondisi ini menyebabkan masuknya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia, khususnya di Indonesia bagian Barat dan Tengah, yang membawa dampak meningkatnya potensi curah hujan di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, hingga Sulawesi.

Selain MJO, dari analisis pola pergerakan angin, BMKG mendeteksi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan angin cukup konsisten di wilayah Sumatera, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Jawa.

Selain intensitas hujan yang tinggi, gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan terjadi di Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Selat Bali bagian Selatan, Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Samudera Hindia Selatan Pulau Jawa hingga Bali.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar