Klinik Kesehatan Diminta Siap Lakukan Akreditasi

  Kamis, 07 Maret 2019   Lilisnawati
Sosialisasi Akreditasi Klinik

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM--Dinas Kesehatan Kota Tegal meminta seluruh klinik kesehatan di Kota Tegal siap untuk melakukan akreditasi. Hal itu guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Kasi Pelayanan Kesehatan Dasar Rujukan dan Tradisional Sukma Dewi menyampaikan bahwa seluruh klinik di Kota Tegal menyatakan belum siap untuk melakukan akreditasi. Menurutnya, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti administrasi, tata graha, sarana prasarana juga biaya yang tidak sedikit. 

"Itu yang membuat mereka belum siap melakukan akreditasi tahun ini," ujar dia, Selasa (5/3/2019).

Dewi mengatakan, di tahun 2021 seluruh klinik yang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan harus sudah terakreditasi. Untuk itu, dia menargetkan di tahun 2020 seluruh klinik di Kota Tegal siap melakukan akreditasi.

Menurutnya, akreditasi akan memberikan kepastian mutu pelayanan serta sebagai salah satu bentuk akuntabilitas pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut Dewi, akreditasi juga akan memberikan perlindungan. Bukan hanya perlindungan kepada masyarakat saja, namun juga memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan yang ada di klinik tersebut. 

Untuk mewujudkan itu, Dinkes Kota Tegal akan menggandeng Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFPKPI). Pihaknya juga sedang menggencarkan sosialisasi terkait akreditasi kepada klinik-klinik kesehatan di Kota Tegal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar