Tegal Jadi Kota Percontohan Uji Emisi Kendaran Ramah Lingkungan

  Jumat, 08 Maret 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal bersama Jajaran Forkopimda meninjau uji emisi kendaraan ramah lingkungan

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM--Wali Kota Tegal M. Nursholeh mengapresiasi adanya uji emisi kendaraan yang ramah lingkungan di Kota Tegal. Hal itu disampaikan Wali Kota usai menggelar Apel Tiga Pilar, Jumat (8/3/2019) di Komplek Balai Kota Tegal.

"Adanya ini saya yakin uji emisi kendaraan ramah lingkungan sangatlah bermanfaat. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh kendaraan dinas dipasang alat tersebut (Watergaz)," ujar Wali Kota.

Program yang di pelopori oleh Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal ini menjadikan Kota Tegal menjadi pelopor uji emisi kendaraan ramah lingkungan.

Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskel Sangari mengatakan Kota Tegal sebagai pelopor penggunaan Watergaz karena Kota Tegal menjadi pailot project atau percontohan dari suatu wilayah atau suatu daerah yang emisinya sangat ramah lingkungan. 

Dia juga menambahkan bahwa alat tersebut bisa memberikan suatu solusi dibidang  ekonomi karena mampu mengefesiensi 30 persen keatas untuk transportsai darat bahkan bisa irit 30 persen dalam penggunaan bahan bakar. Bahkan kendaraan mitsubishi sampai 38 persen.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal Herviyanto Gunarso W.P mengatakan bahwa United Nations Development Programme (UNDP) mendata bahwa kualitas udara di perkotaaan seluruh dunia termasuk di Indonesia memiliki kualitas udara buruk, termasuk Kota Tegal.

Menurut dia, Kota Tegal masuk dalam kategori buruk, karena tidak memiliki wilayah yang cukup luas untuk back up hutan kota, hampir setiap lahan digunakan untuk bangunan serta kepadatan lalu lintas di jalan raya sangat tinggi meski jalan tol sudah ada. 

"Dari hasil itu maka kita kampanye global warming dan dalam rangka mengembalikan udara yang baik, kita mengadakan kampanye uji emisi, karena sektor penyumbang paling besar adalah dari kualitas udara itu di sektor transportasi," kata dia. 

Hal itu merupakan tanggung jawab dari Dishub untuk mengedukasikan kepada masyarakat terhadap penggunaan kendaraan yang layak dan telah lolos uji emisi.

Dishub juga sudah berkolaborasi dengan TNI menguji alat untuk menekan emisi. Adanya watergaz ini menurutnya sangat bermanfaat karena selain menekan emisi juga mengefisiensikan bahan bakar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar