Dinas Evaluasi Kinerja Pengawas Ruang

  Senin, 15 April 2019   Lilisnawati
Sosialisasi Pengawas Ruang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jengjang SD/MI Kota Tegal, Senin (15/4/2019). (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional jenjang SD/MI, ratusan pengawas sekolah dibekali Sosialisasi Pengawas Ruang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD/MI Kota Tegal, Senin (15/4/2019) di ruang Eks Samsat Balai Kota Tegal.

Kepala Didikbud Kota Tegal Johardi, melalui Kabid Pendidikan Dasar Budio Pradioto, mengatakan, pembekalan diberikan kepada seluruh pengawas supaya dalam pelaksanaan USBN jenjang SD/MI dapat berjalan dengan lancar. Hal itu juga dilakukan untuk mengevalusi kinerja pengawas ruang di tahun 2018.

Menurutnya, masih ditemukan pengawas ruang yang tidak menaati tata tertib yang sudah diberikan, di antaranya, pengawas kedapatan tidur saat masih dalam jam bertugas, pengawas tidak teliti, dan membawa alat komunikasi saat bertugas. 

"Jadi, kami tegaskan kepada seluruh pengawas ruang untuk menaati segala tata tertib. Tentunya pelaksanaan USBN tahun ini tidak terulang kesalaham yang sama," ujarnya. 

Sementara itu, Dewi Sukmawati selaku pemateri pada sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa peran pengawas ruang sangat penting terhadap suksesnya hasil pelaksanaan USBN.

Ia mengingatkan kepada seluruh pengawas ruang untuk menaati tata tertib yang berlaku, antara lain pengawas diharapkan hadir 25 menit sebelum USBN dimulai, pengawas dilarang membawa alat komunikasi baik ponsel, majalah, maupun koran. 

Selain itu, pengawas diminta cermat dan teliti dari mulai memahami kode bel yang dibunyikan oleh sekolah, memastikan ruang, memastikan biodata siswa dalam lembar jawaban sudah terisi dan lainnya.

"Keberhasilan USBN bergantung pada pengawas ruang. Maka, kami ingatkan supaya pengawas ruang mampu menaati tata tertib," ucapnya.  

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar