BNN Kota Tegal Kini Punya Klinik Rehabilitasi

  Senin, 15 April 2019   Lilisnawati
BNN Kota Tegal Kini Punya Klinik Rehabilitasi. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal meresmikan klinik rehabilitas yang diberi nama Klinik Pratama Bahari Sehat. Peresmian klinik diresmikan langsung oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Muhammad Nur, Senin (15/4/2019) di Kantor BNN Kota Tegal.

"Peresmian ini karena di wilayah Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang masih banyak penyalahgunaan, pengguna dan pecandu yang masih belum tersentuh untuk diberikan layanan rehabilitasi," ujar dia. 

Hal itu karena lembaga rehabilitasi yang dapat melayani masyarakat secara gratis tanpa takut untuk dipenjara sangatlah sedikit. Untuk, itu BNN Kota Tegal saat ini telah resmi membuka layanan klinik pratama rehabilitasi rawat jalab bagi pecandu, pengguna dan korban penyalahguna narkoba secara gratis. 

Selain itu, BNN kota Tegal juga telah bekerja sama dengan 3 lembaga rehabilitasi milik pemerintah dan 3 lembaga rehabilitasi milik komponen masyarakat yakni RSUD kardinah, Puskesmas Tegal Timur, Puskesmas Tegal Barat, RSU Islam Harapan Anda, RS Mitra Siaga, dan Klinik Pratama Aisyiyah Siti Hajar dalam melayani rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu pengguna dan korban penyalahguna secara gratis.

BNN Kota Tegal bersama mitra lembaga rehabilitasi mencatat bahwa data korban penyalahguna dan pengguna yang telah berhasil dilakukan rehabilitasi secara sukarela dan nonsukarela yakni ditahun 2016 sebanyak 29 klien, tahun 2017 sebanyak 20 klien.

Di tahun 2018 sebanyak 19 klien, 6 tersangka yang di-assesment oleh Tim Assesment Terpadu dan di tahun 2019 sampai bulan Maret sebanyak 5 klien dan 1 tersangka yang telah di assesment.

"Maka saya mengimbau kepada seluruh pecandu pengguna dan penyalahgunaan narkoba untuk dapat datang mengakses layanan rehabilitasi rawat jalan secara gratis dan tidak dipidanakan," tandasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar