PKK Bagikan Kacamata Gratis untuk Siswa SD, Sisca: Ternyata Banyak yang Membutuhkan

  Senin, 15 April 2019   Dwi Ariadi
Seorang siswa mengikuti pemeriksaan mata di Gedung PKK, Kabupaten Tegal, Senin (15/4/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Sebanyak 1.500 kacamata dibagikan  gratis kepada siswa-siswi SD/MI yang memiliki gangguan mata  di Kabupaten Tegal. Untuk tahap pertama diberikan kepada 324 siswa di Gedung PKK, Senin (15/4/2019).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tegal yang bekerja sama dengan Yayasan Bina Bangsa Jakarta. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal Sisca Zulistia Sabilillah Ardie menyampaikan, bantuan kacamata gratis ini berasal dari para donatur yang dikoordinisasi oleh TP PKK Kabupaten Tegal.

Donatur tersebut antara lain CSR dari Bank BNI 46, Ayopeduli.com, Antangin dan lain-lain.

Menurut Sisca, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendata siswa SD/MI yang mengalami gangguan mata untuk diperiksa kesehatan matanya di Puskesmas. Selanjutnya data dari Puskesmas didata ulang untuk dikelompokan per kecamatan. 

Sisca menjelaskan bahwa ke depannya program ini akan ditingkatkan tidak hanya untuk siswa SD/MI saja namun untuk tingkatan diatasnya seperti SMP, SMA sederajat. 

Ketua Yayasan Bina Bangsa dr. Nizar Shihab menjelaskan, biasanya sekitar 8-10% anak-anak membutuhkan kacamata namun kebayakan dari mereka tidak mengetahui. 

''Jadi, jika ada penyerahan 1.500 kacamata gratis seharusnya ada 15.000 anak yang diperiksa matanya,'' ujarnya.

Seorang siswa, Khasanatun Nisa, mengaku senang mendapatkan kacamata. Dia mengaku bisa melihat dengan jelas ketika membaca buku pelajaran.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar