Umi Azizah: Baznas Bantu Atasi Kemiskinan

  Senin, 15 April 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal, Umi Azizah memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Tegal, Senin (15/4/2019). (Dwi Ariadi/ayotegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM--Keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sangat membantu menanggulangi kemiskinan. Pemkab Tegal dapat bergerak dengan lincah dan melakukan respons cepat dalam menanggulangi kemiskinan. 

Hal itu terbukti dalam waktu setahun terakhir, angka kemiskinan di Kabupaten Tegal turun dua digit, dan masuk 10 besar terendah di Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat melantik Pimpinan Baznas Kabupaten Tegal periode 2019-2024, Senin (15/4/2019).

Menurut Umi, Baznas memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infak serta sedekah. Hal ini harus memiliki kepercayaan dan kemudahan. 

Untuk itu, Umi mengharapkan pimpinan Baznas yang baru supaya dapat menempatkan unsur tersebut dalam visi pelayanan agar menjadi lembaga terdepan dalam membantu Pemkab Tegal mengentaskan kemiskinan

Dikatakan, dalam mengalokasikan dana bantuan pihaknya juga bekerja sama dengan Bagian Kesra serta Dinas Sosial melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk melakukan pendataan terhadap warga penerima bantuan agar bantuan tidak salah sasaran dan tidak disalahgunakan.

Sementara itu, pengurus Baznas Kabupaten Tegal yang dilantik, antara lain Akhmad Rifiqi sebagai Ketua, Nurrotib sebagai Wakil Ketua I, Nurul Huda sebagai Wakil Ketua II, Fathin Hammam sebagai Wakil Ketua III serta Syafiq Zuhri sebagai Wakil Ketua IV.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Daroji menekankan pimpinan Baznas Kabupaten Tegal untuk selalu rutin mengecek dan mengetahui permasalahan yang ada di sekitar. Begitupun dalam hal pelaporan, setiap mengalokasikan dana ataupun itu harus adanya laporan yang jelas. Supaya alur pelaporan bisa sampai ke Baznas Pusat.

“Pengurus Baznas harus mampu mengelola dan memanajemen dengan baik sumber-sumber serta pengalokasian dana Baznas,” tegasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar