Nyong Festival Siap Digelar, Ardie: Jadikan Agenda Rutin

  Selasa, 16 April 2019   Dwi Ariadi
Ketua DKKT Imam Joend berdialog dengan Wakil Bupati Sabililah Ardie terkait persiapan Nyong Festival di kantor DKKT. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Rangkaian pergelaran seni bertajuk ''Nyong Festival'' mendapat dukungan penuh dari Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie. Bahkan, ketika melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT), Selasa (16/4/2019), Ardie menghendaki pergelaran seni tidak sekadar pada saat peringatan HUT Kabupaten Tegal saja, namun bisa dijadikan agenda rutin.

''Pergelaran seni Tegal merupakan bagian dari mengenali diri kita sendiri. Sebelum bicara soal budaya Tegal yang lebih luas, pertunjukan seni adalah bagian dari kita menjaga budaya asli Tegal. Kalau tidak kita siapa lagi,'' kata Ardi. 

Karena itu, lanjut Ardie, Nyong Festival sebagai bagian dari perwujudan kearifan lokal sudah selayaknya tampil optimal.

''Tingkatkan tidak sekadar sebagai acara Hari Jadi, tapi bagaimana berbagai bentuk seni itu bisa dipentaskan rutin. Entah satu bulan sekali kemudian meningkat jadi dua bulanan yang kemudian menjadi seminggu sekali,'' ujarnya. 

Menurut Ardie, pergelaran seni dan budaya sangat strategis untuk mendukung program Pemkab Tegal yang kini sedang gencar memajukan sektor wisata, salah satunya wisata desa.

''Prinsip saya dukung. Soal kendala teknis anggaran dan sebagainya siap membantu. Jika dana pemkab terbatas, kita cari solusi bersama saya yakin masih banyak pihak ketiga yang bersedia membantu untuk kemajuan seni Tegal,” ujarnya.

Adapun Ketua DKKT Imam Joend menyambut baik dukungan dari Ardie. Pihaknya bersama dengan komite pengurus yang lain dan para seniman siap untuk menggiatkan pergelaran seni Tegalan.

''Kami siap saja. Bakan konsep ini sudah kami rancang empat tahun yang lalu. Namun baru kali terealisasikan,'' kata Imam Joend, yang juga pencipta lagu tegalan ini. 

Adapun Nyong Festival menampilkan beragam seni, di antaranya Slawi 12 jam Menari, lomba lawak tegalan, puisi kreatif, dolanan tradisional, fotografi dan seni rupa. Acara akan digelar pekan terakhir April ini hingga awal Mei.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar