Buku Puisi Tegalan Nawu Jadi Bahan Materi Kuliah di UPS Tegal

  Sabtu, 04 Mei 2019   Dwi Ariadi
Seorang mahasiswa UPS membacakan puisi dengan pengajar dosen FKIP Dr Tri Mulyono di kampus UPS Tegal. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Penguatan bahasa lokal Tegal merambah ke dunia akademik terus dilakukan oleh Universitas Pancasakti (UPS ) Tegal. Kali ini, buku kumpulan puisi "Nawu'' yanh berbahasa lokal Tegal karya Lanang Setiawan  menjadi salah satu bahan mata kuliah Sastra Tegalan oleh mahasiswa  Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Menurut  dosen pengampu mata kuliah Sastra Tegalan, Dr Tri Mulyono, buku tersebut berisi tentang Puisi Tegalan yang berkualitas. "Puisi-puisi yang ada dalam buku Nawu tergolong menarik,  termasuk puisi berjudul Nawu cukup berkualitas," ujar Tri.

Ia mengatakan, kuliah dimulai dengan paparan apa dan siapa penulis Nawu. Selanjutnya para mahasiswa ditugasi untuk membahas isi buku, dan membacakan puisi Nawu.

"Setelah para mahasiswa membaca, tugas selanjutnya menafsirkan tentang puisi Nawu berdasarkan konsep teori semiotika linguistik," jelasnya.

Mata kuliah Sastra Tegalan diajarkan di UPS sudah berlangsung tiga tahun dengan diisi materi puisi, prosafiksi, dan drama tegalan baru semester genap tahun 2018/2019 hingga sekarang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar