Akhirnya, KPU Kabupaten Tegal Selesaikan Rapat Pleno Rekapitulasi

  Sabtu, 04 Mei 2019   Dwi Ariadi
Komisioner KPU Kabupaten Tegal berfoto bersama para saksi usai Rapat Pleno Rekapitulasi di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal
SLAWI, AYOTEGAL.COM - Setelah memperpanjang waktu Rapat Pleno hingga Sabtu (4/5/2019), akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal menyelesaikan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019, sekitar pukul 16.00 WIB di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.
''Alhamdulillah, akhirnya kami menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara baik untuk Pemilihan Presiden maupun Legislatif,'' kata Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman. 
Dikatakan, setelah selesai dan kemudian ditandatangani semua saksi pihaknya akan membawa hasil penghitungan ke KPU Provinsi yang kemudian dilanjutkan ke KPU RI. ''Karena itu, kami belum bisa menyampaikan hasil akhir karena penetapan nantinya dilakukan oleh KPU RI,''ujar Nurokhman. 
Rapat pleno semula dijadwalkan selama dua hari, yakni 1-2 Mei 2019 namun ada penambahan waktu untuk menghitung 18 kecamatan hingga selesai Sabtu (4/5/2010).
Berdasarkan data yang diperoleh Ayotegal.com, berdasarkan rekapitulasi untuk Pilpres nomor urut 1 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin memperoleh 549.992 suara (63,25 persen) dan nomor urut 2 memperoleh 319.685 suara (36,75 persen). 
Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Fauzi mengatakan, pihaknya menerima laporan dari tiga calon legislatif yang merasa ada kekeliruan dalam penghitungan. ''Bukan aduan, tapi semacam koordinasi karena kami sampaikan ada waktu setelah penetapan KPU RI. Apakah aduan itu nanti memiliki bukti yang kuat atau tidak ya nanti ada waktu sendiri karena sesuai dengan tahapannya akan ada ketersediaan waktu untuk pengaduan,''jelasnya. 
Dalam kesempatan itu, selain penandatanganan saki juga dilakukan deklarasi dari semua perwakilan partai yang menyatakan proses rekapitulasi berlangsung secara damai dan transparan. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar