Pemuda Desa Ini Jadikan Sampah Plastik Jadi Paving Block

  Senin, 17 Juni 2019   Dwi Ariadi
Alvani, pembuat paving block dari sampah plastik menunjukkan hasil karyanya. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BUMIJAWA, AYOTEGAL.COM—Risau dengan lingkungannya yang penuh sampah plastik, seorang pemuda asal Dukuh Bujil, Desa Dukuhbenda, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Alfani (27) membuat inovasi.

Atas dasar itu, Alfani mengolah sampah plastik tersebut menjadi paving block. Meski masih diolah dengan peralatan sederhana, Alfani sudah berhasil mengolah sampah plastik yang sudah tidak berguna menjadi produk yang bisa dimanfaatkan.

''Awalnya saya melihat sampah plastik yang banyak ditemukan di lingkungan, termasuk sekolah-sekolah," kata Alfani kepada Ayotegal.com

Dari situlah Alfani berinisiatif mencari cara agar sampah tersebut bisa dimanfaatkan. Dia pun belajar secara autodidak melalui internet soal pengolahan sampah plastik menjadi paving block.

''Itu awal Januari 2019 lalu. Sekarang, dengan peralatan sederhana paving block bisa saya bikin,'' ujarnya.

Teknis pembuatanya, lanjut Alfani, secara manual sampah plastik dilebur pakai drum bekas aspal dan dibentuk pakai teplon. Dengan dibantu tiga pekerja, sampah sebelum dilebur disortir karena sampah yang mengandung alumunium foil tidak bisa digunakan.

Untuk menghasilkan satu paving block dibutuhkan 3 kg sampah plastik.

Meski sudah berproduksi, Alfani belum memasarkan hasil karyanya kepada pembeli. Alasannya, ''Produksi masih sedikit belum dibuat secara massal karena perlu mesin pencacah plastik yang mampu memproduksi 300 paving dalam sehari. Kalau sekarang masih pakai tenaga tangan dengan gunting manual,'' jawabnya.

Terkait kekuatan produknya, Alfani mengatakan, paving block yang ia bikin sangat kuat karena dicoba manual dipukul dengan palu sebanyak 10 kali tidak pecah.

Inovasi yang dilakukan Alfani ini mendapat atensi dari program Wirausaha Muda Pemula (WMP) terbaik yang di selenggarakan oleh Kemenpora dengan mendapat bantuan langsung dari Kemenpora sebesar Rp15 juta pada Mei 2019.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar