Waspadai Penyakit Ini Saat Kemarau

  Rabu, 19 Juni 2019   Lilisnawati
Kepala Puskesmas Bandung dr Destina sedang memeriksa pasien

TEGAL SELATAN, AYOTEGAL.COM- Memasuki musim kemarau, masyarakat diimbau waspada terhadap sejumlah penyakit yang sering mengintai tubuh manusia. Diantaranya ISPA, pegal-pegal, demam dan diare. 

Sebab, saat musim kemarau kondisi udara menjadi terasa lebih panas, kering dan berdebu yang bisa membuat suhu tubuh menjadi drop. Keadaan musim kemarau yang demikian dapat mendatangkan berbagai penyakit. 

Kepala Puskesmas Bandung, Tegal Selatan, dr Destina Dyah Astuti mengungkapkan, di daerahnya bertugas bahkan penyakit tersebut sudah dikeluhkan masyarakat.

Ia menyebut sejak lebaran hingga kini Puskesmas Bandung Tegal Selatan, hampir setiap harinya melayani sekitar 150-200 pasien yang hendak periksa. 

Menurutnya, kebanyakan dari mereka mengeluh akan 10 penyakit ini. Diantaranya ISPA, pegal-pegal, Sakit kepala (cephalgia), Sakit maag (dyspepsia), pemeriksaan kesehatan anak sekolah, diare, hipertensi (darah tinggi), pemeriksaan kehamilan rutin, pemeriksaan kontrasepsi dan kencing manis. 

"Namun dari sepuluh jenis penyakit itu, didominasi oleh penyakit ISPA, pegal-pegal hingga diare. Ini juga karena faktor musim kemarau yang kini mulai berjalan," ungkapnya. 

Sebab, ketika musim kemarau, udara menjadi lebih berdebu. Debu-debu yang bertebaran di udara berpotensi masuk dan mengiritasi saluran pernapasan. Dalam kondisi demikian, warga lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan atas.

Selain itu, lanjut Destina, udara yang panas saat musim kemarau, sering menggoda seseorang untuk cenderung mengonsumsi minuman yang dingin. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan atas.

"Gejala infeksi saluran napas atas yang bisa timbul di antaranya demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, suara serak, nyeri saat menelan dan sebagainya," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, perbanyak sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan air putih. Istirahat yang cukup ditambah dengan olahraga teratur.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar