Teater RSPD Tegal Sabet 3 Penghargaan Parade Teater Daerah di Jakarta

  Minggu, 23 Juni 2019   Lilisnawati
Teater RSPD Tegal sedang memerankan lakon "Mantu Poci" pada Parade Teter Daerah di TMII. (Istimewa)

JAKARTA, AYOTEGAL.COM--Teater RSPD Tegal berhasil menjadi juara umum dalam Parade Teater Daerah (PTD) ke 8 yang digelar di Sasono Langen Budaya TMII Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Sebab, dengan membawakan lakon ‘"Mantu Poci" karya Seful Mu’min dan disutradarai oleh Yono Daryono ini berhasil menyabet tiga penghargaan. 

Teater RSPD Tegal yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah meraih Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik (Yono Daryono) dan Aktor Terbaik (Mameth Suwargo) dalam ajang tersebut. 

Dalam kesempatanya Yono Daryono mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah diraih oleh Teater RSPD Tegal.

"Kami bersyukur bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi Jawa Tengah dan Kota Tegal, tentu itu berkat kerjakeras semua pihak," katanya.

Menurut Yono, lakon "Mantu Poci" diambil dafi sebuah gelar adat di daerah pesisir Kota Tegal yakni "pesta perkawinan" antara sepasang poci tanah. 

"Tradisi Mantu Poci dilaksanakan apabila ada pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan, namun berniat menggelar pesta hajatan layaknya keluarga-keluarga lainnya," tuturnya.

Maka, lanjut Yono, sebagai pengganti mempelainya adalah sepasang poci raksasa yang dihiasi dan didandani layaknya sepasang pengantin.

Dalam Parade Teater Daerah ke 8 tersebut diikuti oleh tujuh provinisi diantaranya Jambi, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, Riau, Aceh dan Kepulauan Riau.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar