Dipa Arimurcita, Tarian Khas Tegal Ceritakan Kisah Kardinah

  Selasa, 09 Juli 2019   Lilisnawati
Seorang penari sedang menarikan tarian Dipa Arimurcita. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Selain terkenal dengan ragam kulinernya, Kota Tegal juga memiliki berbagai ragam tarian tradisional yang sarat makna. Salah satunya yakni tari Dipa Arimurcita, tarian khas Kota Tegal yang menceritakan kisah perjuangan RA Kardinah.

Menurut Damayanti yang merupakan pencipta tarian, tari Dipa Arimurcita dalam bahasa Jawa Kuna artinya cahaya pelindung dunia.

"Jadi tarian ini menceritakan kisah perjuangan RA Kardinah, menolong masyarakat Tegal yang kondisinya susah pada masa penjajahan Belanda," terangnya, tidak lama ini.

Dalam tarian tersebut, ada sebuah objek yang menarik yakni sebuah lilin. Sama hal dengan namanya, lilin juga memiliki makna yang dalam yaitu menggambarkan sebuah cahaya harapan.

"Baju yang dikenakan juga menggambarkan kehidupan Kardinah yang merupakan keturunan Kraton," ujarnya.

Selain nama, baju dan lilin, ragam gerakannya pun mengandung makna. "Misalnya gerakan ke bawah kemudian naik dan turun lagi itu menandakan simbol-simbol menolong orang," katanya.

Maksudnya, kata Damayanti, Kardinah dalam menolong masyarakat Tegal dulu, tidak memandang derajat.

Ia menuturkan dalam menciptakan tarian tersebut, ia ingin menyampaikan kepada masyarakat untuk terus berbuat baik tanpa mengandalkan balasan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar