Inovasi Olah Sampah jadi BBM Mampu Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

  Sabtu, 13 Juli 2019   Lilisnawati
Ketua TPST Kelurahan Panggung Rahmat Budi.

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Ramainya pemberitaan terkait temuan alat mengubah sampah menjadi bahan bakar yang dirakit oleh Utomo Widyo, warga Kelurahan Panggung, Kota Tegal, menjadi hikmah tersendiri bagi TPST Panggung. 

Pasalnya, TPST Panggung kini lebih dikenal dan diperhatikan masyarakat berkat inovasi warganya mengolah sampah.

AYO BACA : Pemuda Desa Ini Jadikan Sampah Plastik Jadi Paving Block

Lewat mesin destilator plastik, Utomo Widyo yang kesehariannya menjadi sopir ambulans ini berhasil mengubah sampah plastik menjadi solar, premium dan minyak tanah.

Menurut penuturan Ketua TPST Panggung Rahmat Budi, TPST Panggung kini tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Masyarakat juga lebih sadar untuk membuang sampah di TPST. Bahkan, tingkat kesadaran masyarakat tentang sampah plastik meningkat. 

AYO BACA : Keren! Sopir Ambulans di Tegal Ubah Sampah Plastik Jadi BBM

"Ada beberapa masyarakat yang sengaja memilah sampah plastik untuk diberikan kepada kita supaya diolah menjadi bahan bakar," katanya ditemui di rumahnya di Jalan Irian, Kota Tegal, Sabtu (13/7/2019).

Hal itu tentu membuat Budi beserta Utomo senang, karena adanya mesin tersebut membuat masyarakat lebih peduli terhadap sampah. 

Dikatakan Budi, ia bersama Utomo selain menyempurnakan mesin tersebut juga akan kembali berinovasi memperkecil ukuran mesin.

Dengan begitu, mesin tersebut bisa digunakan di rumah-rumah warga. "Jadi, warga bisa mengolah sampah dengan mandiri," tuturnya.

AYO BACA : Ciptakan Inovasi Sampah Plastik jadi BBM, Pemkot Siap Dukung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar