Umi Azizah: Strategis, Peran Bidan untuk Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

  Minggu, 14 Juli 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah menghadiri acara Hari Lahir IBI di objek wisata Waduk Cacaban. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

KEDUNGBANTENG, AYOTEGAL.COM -- Memperingati Hari Lahir IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke-68 dan Hari Bidan Internasional, IBI Kabupaten Tegal mengadakan bhakti sosial dan lomba paduan suara, Minggu (14/8/2019) di objek wisata Waduk Cacaban. 

Acara oleh Bupati Tegal Umi Azizah ditandai dengan pemotongan tumpeng dengan tema "Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan". 

Menurut Umi Azizah, bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan strategis, memberikan pelayanan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, termasuk reproduksi perempuan dan keluarga berencana.

''Ketulusan, keikhlasan dan semangat IBI, telah ikut serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi,''kata Umi.

Berdasarkan data,  pada tahun 2015 kematian ibu melahirkan 42 orang sekarang tercatat 13 orang. Sedangkan angka kematian bayi tahun 2015 tercatat 262 bayi dan 2018 menurun menjadi 172 bayi. 

''Atas kontribusi inilah mengantarkan Kabupaten Tegal pada tanggal 23 juli 2019 lalu mendapatkan penghargaan kabupaten layak anak widya naik satu tingkat dari pratama,''jelas Umi.

Umi mengapresiasi respons cepat dari IBI tersebut. Karena itu, Umi mengusulkan agar acara IBI jangan hanya di indoor. 

''Dan, sekarang ditempatkan di objek wisata cacaban. Kita sebagai warga Kabupaten Tegal untuk bareng nyengkuyung aset kita, dalam hal ini wisata yang ada di Kabupaten Tegal" ujar Umi. 

Sementara Ketua IBI Kabupaten Tegal, Yeti Nurul Salatin mengatakan, acara ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para bidan yang terhimpun dalam IBI. Jumlah bidan di Kabupaten Tegal yang tercatat ada 1.060 orang.

Usai lomba paduan suara, Umi beserta tamu undangan diajak keliling menggunakan perahu wisata ke warung apung.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar