Mahasiswa KKN UPS Tegal Diterjunkan

  Senin, 22 Juli 2019   Lilisnawati
Penerjunan Mahasiswa KKN UPS Tegal, Senin (22/7/2019).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Sebanyak 121 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPS Tegal diterjunkan untuk mengikuti KKN di Kota Tegal, Senin (22/7/2019). 

Penerjunan mahasiswa KKN diterima Wakil Wali Kota Tegal M. Jumadi di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kompleks Balai Kota Tegal.

Rektor UPS Tegal Burhan Eko Purwanto mengatakan, mahasiswa akan diterjunkan di empat kecamatan di Kota Tegal. 

AYO BACA : Campus Recruitment, Bukti Kepedulian UPS Tegal Terhadap Alumni

Adanya KKN sendiri untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah, mendekatkan UPS Tegal dengan masyarakat, membantu pemerintah mempercepat proses akselerasi pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat, dan mengembangkan kerja sama antar-disiplin ilmu dan antarlembaga.

Dengan mengambil tema KKN UPS Tegal \"Daya Sakti\" akan dilaksanakan dari tanggal 22 Juli 2019 sampai dengan 5 September 2019.

KKN Daya Sakti (Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Pancasakti) adalah kegiatan KKN dengan suatu muatan tambahan yang mengarah lima pilar, Pilar lingkungan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar pendidikan, dan pilar berkepribadian Pancasila yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan kelima pilar tersebut disamping menghasilkan kegiatan unggulan yang berdampak luas bagi masyarakat, misalnya Teknologi Tepat Guna.
\n
\nSementara itu, Jumadi berharap melalui kegiatan KKN, para mahasiswa dan mahasiswi UPS ini dapat menjadi penerus pembangunan yang dapat menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga dapat meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat. 

AYO BACA : UPS Tegal Teken Kerja Sama Beasiswa dengan Bank Indonesia

Karena hanya dengan bekerja dan berbaur langsung di tengah masyarakat, para mahasiswa penerus bangsa ini dapat dengan langsung merasakan dan memahami permasyalahan-permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat mencari  solusi pemecahan yang paling tepat.

Jumadi juga menyampaikan bahwa mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN ini akan berada di lingkungan yang mungkin berbeda dari lingkungan tempat para peserta biasa tinggal dan berkegiatan.

\"Hendaknya para peserta dapat beradaptasi dan berbaur dengan lingkungan yang baru ini sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pemberdayaan masyarakat tempat para peserta sekalian melaksanakan kegiatan KKN,\" ucapnya.

Di akhir sambutan, Jumadi berpesan kepada peserta kegiatan KKN ini untuk senantiasa menjaga diri dan sikap dalam menjalankan setiap kegiatan KKN.

AYO BACA : Jadi Ladang Baru Korupsi, Jumadi Ingatkan Hati-hati Kelola Dana Desa/Kelurahan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar