Kiat Jitu Pakai Slogan Menarik, SMA 1 Pangkah Berhasil Raih Adiwiyata

  Selasa, 23 Juli 2019   Dwi Ariadi
Lokasi SMA 1 Pangkah Kabupaten Tegal yang asri dan indah. Sekolah ini meraih Adiwiyata

PANGKAH, AYOTEGAL.COM—Banyak cara untuk menggerakkan budaya kebersihan lingkungan. Namun, ada cara yang cukup menarik dilakukan oleh SMA 1 Pangkah, Kabupaten Tegal.

Cara itu adalah menerapkan budaya bersih di lingkungan sekolah dengan beragam slogan yang diwujudkan dalam aktivitas sehari-hari, baik siswa, guru, maupun karyawan sekolah.

Slogan yang diwujudkan dalam bentuk ekstrakurikuler itu, di antaranya, GEMES (gerakan memungut sampah), SAPULIDI DITEMPA (saya pungut lalu dimasukkan tempat sampah), GEMPITA (gerakan merawat pohon kita), GRAMAPHON (gerakan menaman pohon), GEMARI (gerakan membuat biopori), dan POSGANIK (pengomposan sampah organik).

Menurut Kepala Sekolah SMA 1 Pangkah, Siti Ati terkait dengan program adiwiyata yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup maka  mendorong sekolahnya  melaksanakan kegiatan adiwiyata tersebut.

''Kondisi sekolah yang cukup luas dan tanah yang subuh sehingga berpotensi untuk diciptakannya kegiatan adiwiyata di sekolah,'' katanya.

Menurut Siti Ati, gerakan tersebut diakukan oleh seluruh tenaga kependidikan mulai guru, karyawan, dan semua siswa.

Selain gerakan tersebut, pihaknya memiliki program pengelolaan hutan edukasi, green house dan kolam ikan dengan pemanfaatan limbah air wudlu.

''Selain di lingkungan sekolah, juga ada kegiatan rutin mencabut paku di jalan raya Kalikangkung, pemberian bantuan air bersih di Desa Semedo, Harjasari, dan Kertasari,'' paparnya.

Selain itu, lanjut Siti, sekolahnya ikut dalam Gelar Produk Inovasi dan Daur Ulang dalam Pameran Peransaka Bhakti Jawa Tengah dan Krenova Kabupaten Tegal.

Menurut dia, dengan menjadi sekolah adiwiyata, dalam mengelola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru dapat  memanfaatkan lingkungan sekolah untuk pembelajaran kontekstual.

Perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru juga harus mengandung unsur adiwiyata.

Dari kegiatan dan program yang rutin dilakukan tersebut SMA 1 Pangkah meraih prestasi menjadi pelaksana terbaik ketiga sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jateng tahun 2019.

Sebelumnya pada tahun 2018, SMA 1 Pangkah juara 1 sekolah adiwiyata Kabupaten Tegal, juara 1 Putra Duta Lingkungan Hidup Kabupaten  Tegal Tahun 2018 atas nama A.N Brilian Ghol Jiddan dan juara 3 Krenova Kabupaten Tegal 2018  atas nama Brilian Zahra dan Nur Eti Fajriah.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar