Dosen PHB Latih Petani Tambak Olah Limbah Ikan Jadi Pelet

  Selasa, 23 Juli 2019   Lilisnawati
Dosen PHB latih petani tambak olah limbah ikan jadi pelet

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM—Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Dosen Prodi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama memberikan edukasi cara memanfaatkan limbah filet ikan menjadi pelet. 

Dengan mengambil tema pelatihan pembuatan pakan ikan alternatif pada kelompok petambak, edukasi diberikan kepada para petani tambak di Kelurahan Muarareja, Kota Tegal, belum lama ini. 

Menurut Ketua PKM Kusnadi, pelatihan ini bertujuan memberikan edukasi serta mendorong petani tambak untuk memanfaatkan limbah filet ikan menjadi alternatif pakan ikan. 

"Pelatihan ini diikuti 40 petani tambak dari Pokdakan Tambak Jaya Kelurahan Muarareja. Mereka dilatih bagaimana proses formulasi pembuatan pakan ikan yang baik dan berkualitas serta dapat menghasilkan pakan ikan apung," ujarnya. 

Untuk menghasilkan pakan alternatif, limbah ikan baik berupa kepala, tulang dan sisa daging harus diubah terlebih dahulu menjadi tepung ikan. 

"Bahan tambahan lainnya juga seperti bekatul, ampas tahu, tepung jagung, tepung kedelai, tepung tapioka maupun suplemen yang dapat memberikan nutrisi dan kandungan protein, lemak, maupun karbohidrat," ucapnya.

Senada dengan Kusnadi, menurut Sari Prabandari kegiatan PKM ini dilatarbelakangi dengan adanya kenaikan harga bahan baku pakan ikan. Akibatnya, harga jual pakan ikan menjadi naik. 

"Padahal, dari komponen biaya produksi dalam budidaya, biaya pakan dapat mencapai sekitar 60-80%," ujarnya. 

Sementara itu, menurut Ketua Tambak Jaya Muarareja Abu Dirman kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk dapat memanfaatkan limbah ikan. 

"Dengan adanya produk pakan ikan alternatif dari limbah filet ikan ini, diharapkan tidak ada lagi limbah filet ikan yang terbuang begitu saja," katanya. 

Selain itu, adanya produk pakan ikan alternatif dari limbah filet ikan dapat digemari masyarakat luas dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan nilai ekonomi masyarakat Kelurahan Muarareja.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar