Predikat Opini WTP Wajib Dipertahankan

  Kamis, 25 Juli 2019   Lilisnawati
Sosialisasi Perda No. 7 tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah di Gedung Adipura, Rabu (24/7/2019).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Diraihnya perdikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Tengah, Kota Tegal kini dituntut mempertahankan torehan tersebut. 

Sebab, predikat opini WTP baru diraih Kota Tegal di tahun 2019, setelah selama tujuh tahun hanya mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP). 

Hal itu ditegaskan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono melalui Asisten Perekonomian dan Kesra Herlien Tedjo Oetami saat Sosialisasi Perda No. 7 tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah di Gedung Adipura, Rabu (24/7/2019).

"Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kerja sama dari semua unsur jajaran Organisasi Perangkat Daerah, pada tahun 2019 ini kita mengalamai peningkatan opini dari WDP menjadi WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKDP) Kota Tegal tahun anggaran 2018," ujarnya.

Menurutnya, Pemkot Tegal bersama DPRD Kota Tegal telah berhasil menyusun peraturan daerah yang menjadi landasan hukum bagi pengelolaan barang milik daerah.

"Ini adalah suatu capaian yang patut kita banggakan sekaligus menjadi tantangan untuk mempertahankannya di tahun mendatang. Semoga prestasi itu tidak membuat Pemkot Tegal terlena, justru sebaliknya mampu menjadi motivasi dan semangat untuk terus berbenah memperbaiki kualitas diri," tuturnya.

Senada dengan wali kota, Kepala Bakeuda Kota Tegal Suprianta juga menginginkan perolehan predikat WTP dipertahankan. 

Sementara itu, Kepala Sub Auditorat BPK Jawa Tengah Nelson Humiras Halomoan yang hadir memberikan materi menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan keuangan harus mengahadirkan BPK. Sebab, keberadaan BPK bersifat independen dan tidak bisa diintervensi. 

"Jadi, tidak cukup hanya Inspektorat saja," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar