Dukung Program Ketahanan Pangan, Pengusaha Ricemill Bentuk Perkumpulan

  Jumat, 26 Juli 2019   Dwi Ariadi
Pengusaha penggilingan padi membentuk perkumpulan di gedung pertemuan SPBU, Timbangrejo, Lebaksiu. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

LEBAKSIU, AYOTEGAL.COM—Sejumlah pengusaha penggilingan padi (ricemill) dari Tegal, Brebes, dan Pemalang membentuk perkumpulan, Jumat (26/7/2019). Mereka bergabung dalam sebuah organisasi Perkumpulan Penggilingan Padi Beras Indonesia (P3BI) Komisariat Kabupaten Tegal.

Pertemuan digelar di gedung pertemuan Rumah Makan Paseduluran SPBU Timbangreja, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. 

Dalam perkumpulan dari para pengusaha itu menunjuk pengurus sebagai ketua Ferry, Sekretaris Tyar, dan bendahara Parjo. Selaku pembina P3BI Haron Bagas Prakosa mengatakan, tujuan dari pembentukan perkumpulan untuk memotong kartel beras dan menjadi mitra pemerintah dalam program pangan nasional.

''Terutama tentu mendorong perusahan penggilingan padi mampu menjadi mitra Bulog dalam rangka mensukseskan program-program pemerintah,'' katanya.

Bagas yang juga Ketua Apindo Kabupaten Tegal ini mencontohkan, bentuk kegiatannya dari pengusaha berkomitmen menjadi pemasok cadangan beras di gudang-gudang Bulog.

''Berpartisipasi dalam program-program pemerintah seperti Bantuan Pangan Non Tunai Kemensos dan mencukupi kebutuhan swasembada pangan di tingkat kabupaten/kota,'' ujarnya. 

Dengan adanya perkumpulan tersebut, lanjut Bagas, semuanya menyesuaikan standar kualitas yang ditentukan atau disepakati.

''Perkumpulan ini juga memberi asistensi dan advokasi pada anggotanya agar meningkatkan kualitas dan kuantitas mesin giling, produk beras agar memenuhi standar kualitas yang ditetapkan Bulog atau konsumen,'' jelas Bagas.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar