Puncak Musim Kemarau, Angin Kencang dan Udara Lebih Dingin

  Selasa, 06 Agustus 2019   Lilisnawati
BMKG (ist)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM-- Memasuki puncak musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal memprediksi angin kencang akan melanda Kota Tegal dan sekitarnya hingga dua pekan ke depan. 

Prakirawan BMKG Tegal Hendy mengatakan kecepatan angin saat ini bisa mencapai 30km/jam. Hal itu dipengaruhi low pressure di wilayah utara Indonesia.

AYO BACA : Police Go To School Polres Tegal Kota Hadir di SMAN 5 Tegal

\"Seperti kemarin angin bergulung-gulung di Kota Tegal, itu namanya dust devil. Itu terjadi karena perbedaan tekanan dan suhu udara di permukaan dengan lapisan di atasnnya,\" terangnya. 

Menurutnya, dust devil adalah angin pusar, yang kuat dan relatif berumur panjang, mulai dari kecil (lebar setengah meter dan tinggi beberapa meter) sampai besar (lebar lebih dari 10 meter dan tinggi lebih dari 1000 meter). 

AYO BACA : Mbah Maimun Zubair Wafat di Makkah

Gerak vertikal nya adalah ke atas. Dust devil biasanya tidak berbahaya, tetapi pada kesempatan tertentu dapat tumbuh cukup besar dan menimbulkan ancaman bagi manusia dan bangunan.

\"Dust devil sifatnya tidak seganas puting beliung. Kejadiannya lebih cepat dan kecepatan putarnya lebih lambat diameter dari dust devil sendiri dari analisa kami tidak seluas puting beliung begitu pula dengan daya hancurnya,\" jelasnya. 

Selain angin kencang, BMKG juga memprediksi suhu udara di Tegal Raya akan terasa lebih dingin. 

\"Suhu di Kota Tegal terpantau 20° sampai 32° Celcius, dan semakin dekat puncak musim kemarau suhu diprediksi semakin rendah,\" pungkasnya. 

AYO BACA : Perkuat IKM Logam, Material Center Hadir di Tegal

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar