Arpusda Kota Tegal Kembali Terbitkan Buku Karya Lanang

  Selasa, 27 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Seniman Kota Tegal, Lanang Setiawan menunjukkan buku yang diterbitkan Arpusda. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM-- Guna memperkaya koleksi buku lokal, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Mr. Besar Martokoesoemo Kota Tegal mencetak ulang naskah drama Tegalan '3 Lakon' karya Lanang Setiawan.
\nMenurut Kabid Perpustakaan Wiluyo, Arpusda menerbitkan buku karya Lanang Setiawan untuk memperkaya koleksi buku lokal yang masih minim tersedia di perpustakaan.

\"Tak henti-hentinya kami  berbenah untuk meningkatkan citra layanan publik,\" katanya, Selasa (27/8/2019).

Dengan begitu, kata Waluyo, perpustakaan bukan hanya menjadi tempat peminjamaan buku, sekaligus membantu penerbit buku-buku lokal karya penulis Tegal, terutama buku-buku sastra berbasis Tegalan.

AYO BACA : Bank Jateng Cabang Tegal Dorong Calon Pensiunan Tetap Eksis Berkarya

\"Kami memilih buku mas Lanang karena hanya dia yang siap dan memiliki kumpulan naskah drama berbahasa Tegalan,\" ujarnya.

Berdasarkan data hasil stock opname pustaka tahun 2019 ini, dari total koleksi buku Perpusda 34.740-eksemplar, hanya ada 681 buku lokal atau berkisar 1,96 persen.
\n 
\n\"Realita tersebut tak sepadan. Kota Tegal adalah Kota Sastra yang banyak memiliki penulis. Namun dari sekian penulis hanya mas Lanang yang siap dan getol berkarya menggunakan bahasa lokal,\" katanya.

Menurut dia, dalam waktu dekat Arpusda akan kembali menerbitkan dua kumpulan cerpen Tegalan para guru SMP yang terhimpun dalam Komunitas Centong. 

AYO BACA : 545 Peserta Ikuti Lomba Mancing Kakap Piala Bupati Brebes

\"Dua buku tersebut dieditori Lanang Setiawan dan Dwi Ery Santoso dengan Kata Pengantar Dina Nurmalisa Sabrawi dan Atmo Tan Sidik,\" katanya.

Lanang Setiawan, selaku pelopor gerakan Sastra Tegalan mensupport betul adanya kepedulian Arpusda mau menerbitkan naskah dramanya.

\"Saya mengapresiasi gerakan literasi yang ditempuh Arpusda menerbitkan buku berkonten sastra lokal. Apresiasi setingi-tingginya buat mas Wiluyo yang tidak canggung merespons gerakan Sastra Tegalan yang belakangan ini sedang viral-viralnya,\" ujar Lanang.

Sementara itu, kandidat doktor Universitas Indonesia, Dina Nurmalisa Sabrawi, menyambut gembira keberpihakan pada Sastra Tegalan khususnya buku-buku lokal.

\"Sebagai orang yang dimintai Kata Pengantar pada buku kumpulan cerpen Tegalan, saya menyambut baik dengan diterbitkannya buku naskah drama Tegalan 3 Lakon karya mas Lanang Setiawan,\" kata Dina yang disertasi S3-nya mengambil puisi-puisi Tegalan dari buku \"Ruwat Desa\".

AYO BACA : Gelar Pameran, Pelukis Ismo Wibowo Ajak Masyarakat Mengerti Karya Seni

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar