Juara 2 Anugrah Iptek Budhipraja, Jumadi: Cambuk Pemkot Majukan Kota Tegal

  Rabu, 28 Agustus 2019   Lilisnawati
Penyerahan penghargaan dari Menristek RI Muhammad Nasir Kepada Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, pada Malam Apresiasi Peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) Tahun 2019 di Gedung Cita Kelangen, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Selasa (27/8/2019) malam. (Istimewa).

DENPASAR, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota Tegal berhasil meraih juara dua Anugrah Iptek Budhipraja tahun 2019 kategori pemerintah kota dari Kemenristek RI. Torehan tersebut diraih Kota Tegal atas keberhasilannya menerapkan berbagai inovasi teknologi dibidang layanan masyarakat.

Penghargaan bergengsi dibidang teknologi tersebut diserahkan langsung oleh Menristek RI Muhammad Nasir Kepada Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi, pada Malam Apresiasi Peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) Tahun 2019 di Gedung Cita Kelangen, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Selasa (27/8/2019) malam. 

"Ini menjadi awal yang bagus sekaligus cambuk bagi Pemkot Tegal bersama ASN untuk bersama memajukan Kota Tegal sekaligus terus meningkatkan kualitas layanan (Service) yang dampak nya bisa langsung dirasakan masyarakat Kota Tegal," ujar Jumadi. 

Menurut Jumadi, keberhasilan Kota Tegal tersebut tidak lepas dari berbagai inovasi teknologi yang saat ini dikembangkan di Kota Tegal diantaranya dibidang layanan perizinan "Sadina Kelar" (Saklar) serta lahirnya "Star Up" baru di Kota Tegal melalui aplikasi TEMIO (Tegal Main Industries Outlook) yang dikembangkan Dinas Tenaga Kerja dan Industri Kota Tegal.

Aplikasi TEMIO merupakan aplikasi untuk mengenalkan produk industri unggulan sekaligus untuk pemasaran secara online produk produk pelaku industri kecil menengah di Kota Tegal. 

Tidak hanya itu, Kota Tegal juga menjadi satu satunya kota yang telah memiliki jaringan fiber optik yang telah tersambung di seluruh kelurahanya serta kecamatanya.

"Dan semua itu dari pemerintah yang membangun bukan punya swasta," pungkas Jumadi. 

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengucapkan selamat kepada para penerima berbagai anugerah inovasi dan Iptek. 

Menurut Nasir riset dan publikasi saja tidak cukup, yang terpenting bagaimana riset tersebut bisa menghasilkan bentuk dan inovasi yang bisa di terapkan langsung di masyarakat melalui komersialisasi hasil-hasil riset pada dunia usaha. 

Kerena itu Nasir berharap agar prestasi tersebut dapat menginspirasi bagi daerah lain. 

"Kami berharap dengan penyelenggaraan Hakteknas yang dipusatkan di daerah-daerah, menjadi daya dorong lahirnya inovasi di daerah," ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar