Pembuat Aplikasi Sipoci Beberkan Cara Proteksi Hoaks

  Jumat, 30 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Bripda Roy Rizqun Nada menjelaskan penggunaan aplikasi Sipoci dalam acara inovasi pelayanan publik Polres Tegal, Jumat (30/8/2019). (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM-- Sebagai layanan informasi publik, aplikasi Sipoci Polres Tegal tentu saja cukup rentan jadi sasaran hoaks. Namun, sang pembuat aplikasi, Bripda Roy Rizqun Nada sudah punya cara untuk memproteksi. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Bripda Roy dalam acara Inovasi Pelayanan Publik Sipoci yang digelar oleh Humas Polres Tegal di Hotel Permata Inn, Jumat (30/8/2019). 

Menurut Bripda Roy, tahapan dalam menangkal informasi yang masuk ke aplikasi Sipoci sudah difilter sejak awal mulai login pengguna dengan data email yang valid. 

AYO BACA : Sambut HUT ke-19, Ikatan Wanita Bank Jateng Gelar Donor Darah

\"Kalau pakai akun abal-abal tentu sudah terdeteksi. Selain itu, juga dilengkapi dengan GPS yang bisa terpantau pergerakan si pengguna aplikasi dari mana dia melaporkan informasi,\" katanya. 

Selain itu, lanjut Roy, Sipoci juga terkoneksi dengan Galawi Traffic Management and Command Center (GTMCC) yang memonitor langsung dari mana pemberi informasi itu berada. 

\"Jika menerima laporan suatu kejadian, kami ada 21 mobil patroli yang siap bergerak ke suatu kejadian yang dilaporkan oleh masyarakat,\" ujarnya. 
\n 
\nHal itu disampaikan Roy untuk menjawab pertanyaan peserta kegiatan, Arwani, mahasiswa Institut Bhakti Negara (IBN). 

AYO BACA : Bidkum Polda Jateng Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum di Polres Tegal Kota

\"Bahkan, Sipoci juga sudah melayani tidak sekadar Polres Tegal, tapi juga instansi lain,\" jelasnya.

Dalam kegiatan yang diikuti mahasiswa dari IBN, Politeknik Harapan Bersama Tegal, dan Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes cukup menarik mengulas soal media online. 

Hadir juga sebagai pembahas, admin grup facebook Sisi Lain Kabupaten Tegal (SLKT), Wildan Hermawan dan Dwi Ariadi dari Ayotegal.com. 

Adapun Humas Polres Tegal, Aipda Anas Supriyanto dan Aipda Fredi Lukman menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut untuk menyosialisasikan aplikasi Sipoci untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat. 

\"Seperti tujuan adanya Sipoci, bagaimana masyarakat sangat mudah mengakses pelayanan Polres Tegal,\" jelas Anas.

AYO BACA : Bank Jateng Cabang Tegal Dorong Calon Pensiunan Tetap Eksis Berkarya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar