Mahasiswa KKN UPS Tegal Ini Ajari Warga Desa Bikin Hidroponik

  Jumat, 30 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Mahasiswa KKN UPS Tegal menunjukkan hidroponik yang diajarkan kepada warga Desa Margamulya, Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

KEDUNGBANTENG, AYOTEGAL.COM -- Mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) Tegal peserta kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Margamulya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal membuat inovasi sebuah hidroponik yang diperkenalkan kepada masyarakat desa setempat.

Tidak hanya itu saja, mahasiswa dari kelompok dua itu juga melatih masyarakat cara pembuatan hidroponik dan pengolahan sampah yang benar.
\n 
\nProgram tersebut diselenggarakan di balai desa setempat dengan dihadiri 27 peserta dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan tokoh masyarakat.

AYO BACA : IKuti Pelantara IX, Danlanal Bekali 10 Anggota Pramuka Saka Bahari

Salah satu anggota Pilar Lingkungan, Fajar mengatakan, hidroponik merupakan tanaman yang tidak menggunakan media tanah melainkan menggunakan media inert yang tidak mempunyai unsur hara.

Adapun Silah Fauzun, koordinator mahasiswa KKN Pos Dayasakti 2 UPS Tegal mengatakan, sayuran yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik itu mendapatkan perhatian dan antusiasme dari masyarakat yang luar biasa. Dia berharap masyarakat pun bisa mempraktikkannya.
\n 
\nSebagai pemateri, Ainun Najib  menjelaskan, bercocok tanam tanpa tanah (hidroponik) tidak membuat penanam bersusah payah mencangkul. Sistem hidroponik ini juga membuat kegiatan menanam menjadi sangat unik dan menarik. 

AYO BACA : Bupati Tegal Sampaikan Peluang Kerja di Jepang kepada STIKes Bhamada

\"Kita bisa memakai lahan sempit, di mana saja tanaman bisa tumbuh, yang penting ada sinar matahari. Sistem pengairannya juga harus lancar,” tuturnya.

Najib juga menyampaikan budi daya tanaman menggunakan sistem hidroponik juga tidak mahal dan bisa memanfaatkan barang bekas, misalnya botol minuman bekas.

Supardi, salah satu warga Desa Margamulya mengatakan, bercocok tanam dengan sistem hidroponik dapat memberikan kegiatan baru terutama bagi ibu rumah tangga. 

\"Bercocok tanam juga dapat mengisi waktu luang untuk menanam sayur di pekarangan rumah yang kosong,\" ujarnya.

AYO BACA : IKuti Pelantara IX, Danlanal Bekali 10 Anggota Pramuka Saka Bahari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar