Umi Minta Warung Pedagang Pantai Larangan Sediakan Tempat Sampah

  Minggu, 22 September 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah terjun langsung membawa sapu lidi dalam aksi bersih sampah di Pantai Larangan Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Sabtu (21/9/2019). (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

TEGAL, AYOTEGAL.COM-- Ada hal menarik dilakukan Bupati Tegal Umi Azizah saat kerja bakti bersih-bersih sampah di Pantai Larangan Indah, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan memperingati Hari Bersih Sampah Sedunia atau World Cleanup Day 2019 itu Bupati Umi turun langsung membersihkan sampah.

Dia tak segan memegang sapu lidi serta mengajak para relawan untuk membersihkan dan memungut sampah. 

AYO BACA : Layanan SIM Keliling Polres Tegal di Polsek Bumijawa

Bahkan, tak tanggung-tanggung Umi berjongkok untuk memungut sampah yang berada di bawah gazebo atau tempat duduk wisatawan.

Melihat kondisi sampah yang masih berserakan, Bupati meminta kepada seluruh pemilik warung untuk menyediakan tempat sampah serta selalu menjaga kebersihan setiap waktu.

\"Jika dipandang kan enak, wisatawan merasa nyaman. Harus saling menjaga satu sama lain,\" tegasnnya.

AYO BACA : Kapolres Tegal Kota Inginkan Anggota Satlantas Tanamkan Tiga Poin Ini

Selain itu, Bupati yang dibantu Camat Kramat Wuryanto menertibkan beberapa spanduk yang merusak pemandangan. 
\nDikatakan Umi, spanduk yang sudah rapuh dan kusam itu akan membawa kesan tidak rapi dan lingkungan menjadi kumuh. 

Di sela-sela aksinya, Umi menyampaikan pesan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tegal supaya dapat menjaga lingkungan dimulai dari rumah masing-masing. Dari hal kecil seperti ini, Umi meyakini dapat meminimalisir sampah di Kabupaten Tegal. 

\"Sampah adalah tanggung jawab semua orang. Mulailah memilah sampah di rumah masing-masing. Karena penyumbang sampah terbesar adalah sampah rumah tangga,\" katanya.

Umi berharap acara itu tidak sekadar seremonial saja, tetapi dapat berkelanjutan dan menjadi kebiasaan setiap individu dalam hal membuang sampah dan memilah sampah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Agus Subagyo menuturkan acara World Cleanup Day 2019 ini terdapat ratusan relawan yang terdiri dari pelajar TK, SD, SMP sampai SMA, unsur masyarakat serta jajaran TNI-Polri dan para pegawai di lingkungan Pemkab Tegal.

AYO BACA : HUT TNI, Pasukan Yonif 407/PK Bersih-bersih Sampah di Pasar Trayeman

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar