Ponggol Setan, Kuliner Bercitarasa Pedas Khas Tegal

  Senin, 23 September 2019   Lilisnawati
Satu porsi ponggol setan (Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Bicara kuliner khas Tegal, anda tentu tak asing dengan ponggol setan. Ponggol setan yaitu kuliner bercita rasa pedas yang terdiri dari nasi dan sambal goreng tempe.

Meski hanya sajian sederhana, namun ponggol setan masih diminati masyarakat Kota Tegal dan banyak diburu para pecinta kuliner.

Salah satunya yaitu, warung ponggol setan Ibu Kusniroh di Jalan Kemuning, nomor 1, Kelurahan Kejambon, Kota Tegal.

Ditemui di warungnya, Senin (23/9/2019), Kusniroh (63) mengatakan, ponggol setan banyak diburu pengunjung saat memasuki waktu makan siang dan menjelang malam.

Menurutnya, dinamakan ponggol setan karena sambal goreng tempe yang disajikan bersama nasi rasanya pedas. Namun, ada juga yang menyebut, asal mula nama ponggol setan karena dijual hingga larut malam.

Di warungnya yang sudah berusia 15 tahun ini, Kusniroh dibantu dengan 10 karyawannya menjajakan ponggol setan sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

Yang spesial dari ponggol setan miliknya, Kusniroh mengaku bahwa ponggol setan miliknya memiliki rasa yang khas pada sambal goreng tempenya.

"Sebelum dimasak tempe kita potong-potong dan dijemur dibawah terik matahari. Untuk sambalnya kita juga tidak asal menggunakan terasi," katanya.

Yang menarik, ponggol setan dibungkus dengan menggunakan daun pisang untuk menambah cita rasa sedap.

Ponggol setan juga sangat cocok dinikmati dengan kerupuk dan aneka lauk pauk seperti rendang telur dan ayam. Di warung Ibu Kusniroh juga menyajikan aneka kerupuk dan peyek teri.

"Jika dibungkus satu porsi ponggol setan hanya dijual Rp5000 dan Rp6000 per porsi jika makan di tempat," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar