Tahu Aci, Cemilan Sekaligus Buah Tangan Khas Tegal

  Jumat, 27 September 2019   Lilisnawati
Tahu aci. (Lilisnawati Ayotegal.com)

TEGAL SELATAN, AYOTEGAL.COM-- Bicara kuliner, Kota Tegal memiliki setumpuk kuliner yang patut dicicipi. Bukan hanya itu, kota yang terkenal dengan sate Tegal juga memiliki sederet oleh-oleh atau buah tangan andalannya.

Satu di antaranya yaitu, tahu aci, kuliner berjenis gorengan khas Tegal yang sering diburu baik masyarakat Tegal maupun mereka yang datang ke Kota Tegal.

Di Kota Tegal, sangat mudah menemukan cemilan tahu aci. Selain di pusat oleh-oleh, tahu aci juga banyak dijual di sudut-sudut Kota Tegal dengan menggunakan gerobak.

Salah satunya warung tahu aci Sari Rasa di Jalan AR Hakim Gang Lontrong 13, Kota Tegal.

AYO BACA : Prakiraan Cuaca Kota Tegal Hari Ini

Ditemui di rumahnya, Ardi Riyanto (22) mengaku baru lima tahun membuka bisnis oleh-oleh tahu aci.

\"Bisnis oleh-oleh yang saya buka baru lima tahunan, tapi kalau bapak saya sudah berjualan tahu aci sejak 21 tahun yang lalu di Jalan AR Hakim juga dengan gerobak,\" katanya, Jumat (27/9/2019).

Dibantu dua karyawannya, ia menjajakan dagangannya sejak pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

\"Pagi kita buka di toko, sore dari pukul 16.00 WIB sampai 19.00 WIB kita buka pake gerobak di pinggir jalan AR Hakim. Kalau sore bapak dibantu dua karyawan yang jualan,\" katanya.

AYO BACA : Jadi Tuan Rumah Rakor Forwakada, Jumadi: Momentum Kenalkan Kota Tegal

Pemuda kelulusan sekolah kejuruan pelayaran itu, mengaku sudah tertarik menjadi wirausaha sejak masih duduk di bangku sekolah.

Banyaknya penjual tahu aci, tak membuat Ardi bernyali ciut. Sebab, tahu buatannya memiliki cita rasa yang lebih gurih dan selalu menjaga kualitas yang beda dari lainnya.

\"Tiap sehari sekali minyak kita ganti, adonan juga kita fres supaya rasa tahu acinya tidak asam dan alot. Tahu juga kita produksi sendiri,\" katanya.

Untuk harga satu besek ukuran kecil isi 30 dijual Rp 30.000, dan ukuran besar isi 50 biji dijual Rp 50.0000.

\"Satu buah tahu aci kita jual Rp 1000. Kita juga sedia tahu pletok, dijual Rp 1.500 per buah. Kita juga sedia tahu aci yang masih mentah, dijual dengan harga yang sama,\" ucapnya.

Meski lokasi tempat oleh-olehnya masuk gang, namun toko oleh-olehnya tak pernah sepi pembeli. Menurutnya, dalam sehari mampu menghabiskan enam ribu potong tahu dan 75 kilogram aci.

\"Biasanya ramai pembeli pas hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Kadang bisa menghabiskan 10.000 potong tahu,\" pungkasnya.

AYO BACA : Pemilu 2019 Usai, Bawaslu Rancang Desa Antipolitik Uang dan Pengawasan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar