FKS Jateng Bentuk Pengurus di Kabupaten Tegal

  Senin, 30 September 2019   Dwi Ariadi
Tim Forum Kewirausahaan Sosial (FKS) Jateng melakukan audiensi dengan para relawan di Kedai Susu Nyonya Manise, Slawi, Kabupaten Tegal, Minggu (29/9/2019).(Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Forum Kewirausahaan Sosial (FKS) Jateng akan membentuk pengurus untuk wilayah Kabupaten Tegal. Tujuan pembentukan forum tersebut untuk merealisasikan program pemberdayaan masyarakat dengan sasaran masyarakat pedesaan untuk meningkatkan ekonomi secara riil.

Hal itu disampaikan Ketua FKS Jateng, Kabul Subahid saat beraudiensi dengan para relawan sosial di Kedai Nyonya Manise, Jl Cut Nyak Dien, Slawi, Minggu (29/9/2019).

AYO BACA : Sempat Mangkrak, Pembangunan TPA Bokong Semar Segera Dilanjutkan

Menurut Kabul, FKS Jateng kini sedang gencar membentuk kepengurusan di daerah kabupaten/kota guna menularkan program kewirausahaan sosial yang sudah sukses dilaksanakan.

\"Model kewirausahaan sosial berbeda dengan sistem pemberdayaan kewirausahaan lain, karena ini bersifat swadaya dan berkelanjutan,\" katanya.

AYO BACA : Polres Tegal Liburkan Layanan SIM Keliling, Ini Penjelasan Kasatlantas

Kabul memberikan contoh model pemberdayaan yang sudah dilakukan di Temanggung, penanaman lerak yang dijadikan bahan untuk sabun. \"Mulai dari modal bibit sampai pada pemasaran kami yang mendampingi sekaligus mencarikan pasar. Kebetulan FKS ada kerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta yang bisa menampung hasil panen dari petani,\" paparnya.

Sistem kewirausahaan sosial ini, lanjut dia, terbentuk oleh Kementerian Koperasi sebagai mitra. \"Kami lihat Kabupaten Tegal sangat potensial. Apalagi di sini sentra teh. Sangat mungkin dikembangkan varian tanaman lain yang bisa mendukung budidaya tanaman teh,\" paparnya.

Guna merealisasikan program itu, direncanakan pengurus FKS Kabupaten Tegal dibentuk dan pada 1 Desember 2019 akan dilantik. \"Karena sesuai programnya bersifat sosial maka sasarannya kalangan masyarakat desa pinggiran, termasuk juga disabilitas,\" tandasnya.

AYO BACA : Informa dan Toys Kingdom Hadir di Kota Tegal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar