Umi Azizah Tak Menyangka Masuk Nominasi Santri Inspiratif

  Jumat, 11 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM-- Bupati Tegal Umi Azizah hanya melempar senyuman ketika ditanya soal dirinya masuk nominasi Santri Inspiratif oleh Islam Nusantara Center (INC), Jumat (11/10/2019).

Pasalnya, dia mengaku awalnya tidak tahu menahu nominasi yang digelar dalam rangka Hari Santri Nasional 2019 itu memasukkan dirinya bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Umi Mastikah, Wakil Wali Kota Palangkaraya.

"Jujur saya tahu malah dari anak saya. Waktu itu, memberitahukan ada nama saya dalam nominasi tersebut. Setelah saya lihat memang ada penyelenggaraan "Santri of The Year 2019". Di situ ada kriteria santri yang berperan aktif di berbagai bidang. Saya kan santri," ujar Umi.

AYO BACA : Bersiap, Besok Wilayah Tegal Raya Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Menurut Umi, dalam nominasi tersebut lebih kepada penilaian kepemimpinan program Pemkab Tegal terkait dengan jambanisasi. Yang menarik dari realisasi program tersebut berbeda dengan daerah lain adalah melibatkan masyarakat pedesaan.

"Dan, ini memang sangat berdampak luas untuk meningkatkan pola hidup masyarakat yang sehat. Menggerakkan masyarakat secara langsung dan mereka terlibat di dalamnya yang membedakan dengan pelaksanaan program di daerah lain," kata Umi yang juga alumnus Pesantren Mambaul Ma'arif, Denanyar Jombang Jawa Timur itu.

Disebutkan, pola jambanisasi itu tidak menggunakan sistem pengadaan atau proyek melalui kedinasan, dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan. 

AYO BACA : Waroeng SS Distribusi Air Bersih 170 Tangki

"Jadi peran aktif masyarakat desa inilah yang mungkin menjadi penilaian dalam nominasi santri di bidang kepemimpinan. Yang pasti, perlu saya tegaskan bahwa program jambanisasi adalah kerja Pemkab Tegal," tegasnya.

Sementara itu, dalam website jaringansantri.com disebutkan, Nominasi Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan, Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), Umi Azizah (Bupati Tegal) dan Umi Mastikah, SH (Wakil Wali Kota Palangkaraya).

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019, Islam Nusantara Center (INC) menyelenggarakan ajang “Santri of The Year 2019” yang acara puncaknya akan digelar pada  Kamis, 21 November 2019 mendatang.

Santri of The Year 2019 ini dimaksudkan untuk menemukan dan menampilkan tokoh/figur pria dan wanita yang telah memberikan sumbangsih prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif dan sekaligus kerja dan karya juga prestasi bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta.

Disebutkan, nama-nama nomine diperoleh dari penelusuran tim panitia berdasarkan survei internal dan masukan dari masyarakat. Ajang ini dimaksudkan untuk memperkenalkan ke masyarakat, bahwa dunia pesantren memiliki banyak keunggulan dan kekhasan yang dapat menjadi motivasi para santri lainnya.

AYO BACA : REI Tegal Salurkan 30 Tangki Air Bersih ke Daerah Kekeringan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar