Umi Azizah Ingin Sedekah Bumi Cacaban Dikemas Lebih Menarik

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah hadir dalam acara Sedekah Bumi Cacaban, Sabtu (19/10/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

KEDUNGBANTENG, AYOTEGAL.COM -  Masyarakat Desa Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, dan sekitarnya menggelar acara tradisi Sedekah Bumi, Sabtu (19/10/2019).

Hadir Bupati Tegal Umi Azizah dalam kegiatan yang diadakan secara rutin satu tahun sekali ini. Menurut Umi, Sedekah Bumi Cacaban adalah tradisi, sarana penghormatan masyarakat Cacaban kepada para pendahulu yang telah mewariskan kekayaan alam kepada anak cucunya berupa hamparan tanah yang masih subur, air yang terus mengalir dan tidak terkontaminasi oleh limbah berbahaya.

"Sedekah Bumi ini tidak lebih dari ikhtiar kita nguri-nguri kekayaan budaya bangsa yang sarat akan nilai-nilai kebaikan dan budi pekerti,''katanya.

Dikatakan,  terdapat nilai penting yang terkandung dalam Sedekah Bumi Cacaban ini, yaitu kekerabatan sosial.

Di era digital sekarang ini, di mana interaksi sosial masyarakat lebih intens dijalin di media sosial, lanjut dia, dalam acara Sedekah Bumi Cacaban ini terdapat ketulusan, kebahagiaan, semangat saling berbagi dan semangat kegotong-royongan yang tidak dapat dijumpai di dunia maya.

"Ini adalah modal sosial yang harus kita pupuk, harus kita lestarikan. Jika dikaitkan dengan pengembangan sektor pariwisata, maka destinasi wisata yang ditunjang dengan kondisi sosial masyarakatnya yang masih guyub rukun, saling mengenal dan saling membantu, maka perkembangannya akan lebih cepat," jelasnya.

Diakhir sambutannya, Umi ingin mengemas kegiatan Sedekah Bumi Cacaban dengan semenarik mungkin.

Seperti adanya lomba menghias kapal, lomba fotografi maupun lomba vlog dengan tema pariwisata atau kaitannya dengan Obyek Wisata Waduk Cacaban.

 "Kemas acara ini supaya lebih ciamik lagi, lebih diviralkan lagi dengan konten-konten kreatif, kekinian dan makin digital juga casual," pesannya.

Ketua Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Parpora Kabupaten Tegal Suharinto, menyampaikan acara Sedekah Bumi Cacaban ini selain untuk menarik para wisatawan maupun pengunjung, juga usaha meningkatkan kesadaran masyarakat luas atas pentingnya arti budaya.

"Ini adalah wujud melestarikan budaya dan adat istiadat di masyarakat Cacaban," tuturnya.(Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar