Pertahankan Predikat WTP, OPD Diminta Jeli Urus Aset

  Senin, 21 Oktober 2019   Lilisnawati
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi saat memberikan sambutan pada Pelatihan Teknis Pengelolaan Barang/Aset Daerah bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Senin (21/10/2019) (Humas Pemkot Tegal)

SEMARANG, AYOTEGAL.COM -- Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, meminta predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih Kota Tegal agar tetap dipertahankan.

Hal itu disampaikan Jumadi saat memberikan sambutannya pada Pelatihan Teknis Pengelolaan Barang/Aset Daerah bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Senin (21/10/2019) di Balai Pendidikan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng.

Untuk mempertahankan itu, kata Jumadi, pejabat pengurus barang di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus jeli dan tidak menyepelekan setiap mutasi barang atau aset.

Ia menilai bahwa kegagalan sebuah kota/kabupaten dalam meraih predikat WTP salah satunya yakni aset tidak tercatat dengan baik.

Oleh karena itu, dirinya meminta momentum Pelatihan Teknis Pengelolaan Barang/Aset Daerah kepada 65 pengurus barang diharapkan menjadi ajang, berbagi wawasan antar pengurus barang sekaligus mempererat hubungan sebagai sebuah tim.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Sekda Kota Tegal Imam Badarudin mengingatkan agar jajaran kepala OPD tidak sembrono menyerahkan pergerakan aset/barang kepada staf tanpa memonitornya.

"Manajemen aset kedepan aset harus baik, jangan sampai ada catatanya namun tidak ada barangnya begitu juga sebaliknya," tegasnya.

Selian itu, dirinya juga meminta untuk memperhatikan penghapusan barang terutama bagi item yang direkomendasikan untuk dihapus oleh BPK.

"Termasuk saat uji petik oleh BPK, setiap mutasi atau pergerakan harus tercatat dengan baik," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar