Pimpin Upacara Hari Santri, Ini Beberapa Harapan Dedy Yon untuk Santri Kota Tegal

  Selasa, 22 Oktober 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat memimpin upacara Hari Santri di Kota Tegal, Selasa (22/10/2019) (Humas Pemkot Tegal).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN), di Alun-alun Kota Tegal, Selasa (22/10/2019) berjalan dengan lancar dan khidmat.

Para santri tampak mengenakan sarung, peci dan baju putih sebagai ciri khas sebagai seorang santri.

Tak kalah dengan para santri, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam memimpin upacara juga tampak mengenakan sarung dan baju putih.

Dalam sambutannya, Dedy Yon berharap Hari Santri mampu memberikan semangat para santri di Kota Tegal.

"Harapannya, ini bisa menjadi semangat para santri dan pengurus NU dari PCNU sampai tingkat ranting," katanya.

Terkait adanya Undang-undang Pesantren, dirinya mengaku senang. Sebab, lulusan pesantren diharapkan bisa setara dengan lulusan sekolah umum dan perguruan tinggi.

Dengan begitu, lulusan pesantren tidak dikesampingkan oleh perusahaan atau pemerintah.

"Karena mereka memiliki hak yang sama dengan sekolah-sekolah negeri. Mereka juga bisa mendapat posisi setara dengan lulusan perguruan tinggi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Tegal Abdal Hakim Thohari mengatakan, lahirnya Hari Santri Nasional itu untuk mengingat peran ulama, kiai, dan para santri menegakan kemerdekaan.

Menurutnya, resolusi jihad dari Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari, menjadi jiwa semangat para santri untuk mengusir para penjajah.

Untuk itu, di Hari Santri ini, diharapkan bisa memupuk semangat patriotisme dan semangat keislaman para santri.

"Sebagai santri, juga harus ingat pesan ulama terdahulu yaitu nilai keislaman tidak boleh lepas dari nilai kebangsaan," ujarnya.

Selain itu, santri juga harus mengamalkan nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, menurut Abdal, Islam itu rahmatan lil alamin.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar