Bawaslu Kota Tegal Sampaikan Capaian Kinerja Pelaksanaan Pemilu 2019

  Selasa, 22 Oktober 2019   Lilisnawati
Ketua Bawaslu Kota Tegal.saat memaparkan capaian kinerja Bawaslu selama pelaksanaan Pemilu 2019, Selasa (22/10/2019). (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal menggelar konferensi pers Capaian Kinerja Bawaslu Kota Tegal dalam Pelaksanaan Pemilu 2019, di Kantor Bawaslu Kota Tegal, Selasa (22/10/2019).

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar mengatakan, selama pelaksanaan Pemilu 2019, Bawaslu Kota Tegal sudah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

Bawaslu juga menyebutkan menemukan beberapa dugaan pelanggaran selama Pemilu 2019. Di antaranya lima kasus dugaan pelanggaran pidana oleh caleg, dua kasus dugaan pelanggaran hukum terkait netralitas ASN, dan satu kasus dugaan pelanggaran kode etik.

Dugaan itu, kata Akbar, mayoritas dilakukan oleh caleg di tahapan kamapanye.

Ia juga membeberkan, pasca pelaksanaan Pemilu 2019, pihaknya telah melakukan penerbitan buletin, penertiban buku pengawasan, pengembangan website, pembentukan PPID, dan lain sebagainya.

Ia berharap, evaluasi ini bisa dijadikan persiapan untuk edukasi hukum bagi semua aktor pemegang peran penting.

Menurutnya, dengan adanya edukasi hukum, maka akan mewujudkan Pemilu yang lebih demokratis, penuh kejujuran, dan minim pelanggaran.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar