Tegal Raya Berpotensi Panas Terik dan Angin Puting Beliung

  Rabu, 30 Oktober 2019   Lilisnawati
Salah satu ikon Kota Tegal. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tegal mengimbau kepada masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya untuk mewaspadai terjadinya angin puting beliung.

Sebab, di musim peralihan seperti saat ini, BMKG memprediksi potensi terjadinya angin puting beliung di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya masih tinggi.

AYO BACA : 20 Tim Voli se-Eks Karesidenan Pekalongan Berebut Trophy Wali Kota Tegal Cup

\"Di musim peralihan ini, potensi angin puting beliung masih tinggi,\" kata Prakirawan BMKG Tegal Hendy Andrianto, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, ada dua jenis angin puting beliung yang mungkin saja terjadi. Yakni angin puting beliung yang disebabkan oleh awan kumulonimbus dan angin yang berasal dari perbedaan suhu dan tekanan.

AYO BACA : Walkot Beri Lampu Hijau Hibah Tanah, SUPMN Tegal Segera Jadi Politeknik?

Selain itu, ada angin puting beliung yang disebut dust devil, yaitu angin dari permukaan bumi.

\"Di antara keduanya, angin puting beliung dari awan kumulonimbus lebih berbahaya karena memiliki tekanan yang cukup besar,\" jelasnya.

Selain potensi angin puting beliung, BMKG juga memprediksi panas terik masih akan terjadi di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Hal itu dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu gerak semu matahari, tutupan awan berkurang dan pengaruh angin dari arah Australia.

\"Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini, langit di Kota Tegal clear terus engga ada awan, itu yang mempengaruhi panas,\" ungkapnya. 

AYO BACA : Kolaborasi Mahasiswa, Polisi dan Masyarakat Selamatkan Pantai Tegal dari Abrasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar