Jadi Pemateri Seminar, Jumadi Sampaikan Keseriusan Tangani Sampah di Kota Tegal

  Kamis, 31 Oktober 2019   Lilisnawati
Wakil Wali Kota Tegal saat menjadi pembicara seminar di Jakarta (Humas Pemkot Tegal)

JAKARTA, AYOTEGAL.COM -- Menjadi pembicara di seminar yang bertemakan "Sustainable Packaging Cycle Solution" Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi menyampaikan arah kebijakan Kota Tegal tentang penanganan sampah plastik yang masih menjadi persoalan.

Acara yang digelar oleh ADUPI (Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia) dengan PT Krista Media Pratama ini berlangsung di JIE Kemayoran, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya, Pemerintah Kota Tegal tengah berkomitmen memanajemen persampahan khususnya sampah plastik dan bersahabat dengan plastik.

"Tidak ada cara lain kecuali kolaborasi. Pemkot Tegal tidak bisa sendiri, industri atau asosiasi harus sama-sama bersinergi dan berkomitmen terkait sampah," katanya.

Dengan begitu, siapapun yang yang bertanya tentang persoalaan sampah, bisa memberikan solusinya.

Ia mencontohkan upaya yang dilakukan Pemkot Tegal dalam penanganan atau manajemen persampahan yaitu dengan metode edukasi masyarakat berupa penerapan dan pemanfaatan sampah.

"Sosialisasi ke kelurahan, RW/RT, penerapan wajib retribusi sampah, pemilahan sampah di tingkat rumah tangga dan pengadaan tempat sampah terpilah," ujarnya.

Selain itu, mengedukasi pemilahan sampah dari sumbernya dengan memberikan pendampingan dan bantuan tempat sampah terpilah,  melakukan upaya 3R pada setiap kegiatan serta mengkonversi limbah plastik menjadi energi alternatif.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar